Connect with us

Headline

Boyamin Pastikan Akan Gugat Keterpilihan Nyoman Di Pemilihan Calon Ketua BPK Oleh Komisi XI DPR RI

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com –  Kordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan gugatan ke PTUN atas hasil penetapan Nyoman Adhi sebagai anggota BPK terpilih.

Seperti diketahui, Komisi XI DPR RI melalui pemilihannya menetapkan Nyoman Adhi sebagai anggota BPK terpilih setelah memperoleh 44 suara dari total 56 anggota komisi bidang keuangan tersebut.

“Terhadap hasil ini, apapun sudah berproses dan saya tetap akan mengajukan gugatan ke PTUN. Jenjang kemarin yang ke DPD saya gugat PTUN, dan jenjang ini (DPR,red) akan digugat ke PTUN, nanti pun kalau dipaksakan sampai ke Presiden juga akan saya gugat ke PTUN,” kata Boyamin saat dikonfirmasi, di Jakarta, Kamis (9/9/2021).

Ia mengatakan, sejak awal Nyoman Adhi maupun Harry Z Soeratin tidak memenuhi syarat formal atau adminstrasi untuk mendaftar sebagai calon anggota BPK RI periode 2021-2026. Bukan tanpa alasan, Boyamin mengatakan dengan tidak memenuhi syarat dan dipaksakan tetap dilibatkan akan merugikan BPK sebagai lembaga audit.

“Karena sudah tidak memenuhi syarat, sehingga nanti justru jadi anggota BPK bisa digugat oleh orang-orang yang diduga korupsi yang kemudian dianggap merugikan negara, tetapi auditnya di bawah Nyoman Adhi, malah bisa dinyatakan tidak sah, karena pimpinan BPK- nya dianggap tidak memenuhi syarat. Ini konsekuensi hukumnya sampai sejauh itu,”papar dia.

“Dan nanti akan sangat berbahaya kalau nanti sampai dinyatakan hasil kerja BPK dinyatakan tidak sah karena pimpinannya tidak memenuhi syarat,” tambah Boyamin.

Ia mengingatkan, sebagai lembaga negara, BPK ini independen yang dikonstruksikan sebagai pengawas keuangan, bagaimana mungkin calon anggota yang tidak memenuhi syarat formil untuk menjadi salah satu pimpinan.

“Nah sehingga saya akan menggugat ke PTUN untuk membatalkan proses pengangkatan ini, karena masih banyak orang lain yang masih memenuhi syarat,”kata dia.

“Saya tetap berkeyanikan dan bersemangat untuk melakukan gugatan ke PTUN untuk membatalkan hasil DPR ini,” tegas Boyamin.(ilm)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Headline

Presiden Jokowi Tegaskan Berkomitmen Penuh Berantas Mafia Tanah

Diterbitkan

Pada

Penulis

Presiden Jokowi (ist/net/ant)
Baca Berita

Headline

Aneh! Rekam Jejak Jaksa Agung Jadi Lulusan Magister UI Tak Ada Dalam Data Kampus

Diterbitkan

Pada

Penulis

Jaksa Agung ST Burhanuddin/Net
Baca Berita

Headline

KPK Dalami Proses Penganggaran Banggar DPRD DKI dalam Pengadaan Tanah Munjul

Diterbitkan

Pada

Penulis

Ketua DPRD DKI Prasetio Edi memenuhi panggilan KPK/Net
Baca Berita
Loading...