Connect with us

Ekonomi

Bila Nanti jadi Endemi, Perlinsos Harus Tetap Disalurkan

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ekonom Center of Economic and Law Studies Bhima Yudhistira mengatakan, pemerintah mesti terus menyalurkan dana perlindungan sosial dan bantuan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah meskipun nantinya pandemi Covid-19 telah menjadi endemi.

“Pelonggaran bukan berarti ekonomi langsung normal yang berarti support belanja pemerintah masih konsisten dibutuhkan setidaknya sampai akhir 2022,” kata Bhima kepada wartawan, Kamis (2/9).

Menurut dia, setelah Covid-19 terkendali dan menjadi endemi, pemulihan ekonomi akan berbentuk huruf K atau K-shaped karena tidak merata terjadi di seluruh sektor.

Pasalnya, aktivitas masyarakat yang telah melambat karena Covid-19 tidak akan serta-merta kembali seperti sebelum pandemi. Ia memperkirakan gaya hidup serba digital masyarakat akan bertahan sehingga pergerakan fisik menjadi minim.

“Sementara pergerakan masyarakat kembali untuk berlibur atau bekerja di perkantoran sifatnya akan tidak merata,” katanya.

Pekerja yang sudah menikmati work from home akan sulit untuk kembali ke kantor. Begitu pula masyarakat yang telah terbiasa berbelanja barang secara akan mengurangi aktivitas di pusat perbelanjaan.

Pemerintah menargetkan pandemi Covid-19 dapat menjadi endemi pada 2022. Untuk itu, pemerintah terus memastikan masyarakat menerapkan protokol kesehatan, mempercepat vaksinasi, dan menggencarkan tracing, testing, dan treatment bagi pasien Covid-19.

Ketiga langkah itu perlu terus diperkuat karena, menurut Bhima, pandemi Covid-19 hanya bisa menjadi endemi apabila Covid-19 bisa dikendalikan yang tampak dari penurunan angka kematian.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekonomi

Generasi Muda Diajak Menjadi Wirausaha Sosial

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Ekonomi

Kata Peneliti, PeduliLindungi Berpotensi Raih Keuntungan Besar

Diterbitkan

Pada

Penulis

Peneliti ekonomi senior Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy (ist/net)
Baca Berita

Ekonomi

Menkop Ajak YDBA Kembangkan UMKM di Semua Sektor

Diterbitkan

Pada

Penulis

(ist/net)
Baca Berita
Loading...