BAZNAS Pasbar Berbuntut Hukum, Perkumpulan Pemuda Minta Transparansi

  • Bagikan
BAZNAS Pasbar Berbuntut Hukum, Perkumpulan Pemuda Minta Transparansi
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Organisasi kepemudaan Garuda Sakti (GS) Pasaman Barat (Pasbar) mendatangi kantor BAZNAS Pasbar. Mereka datang untuk meminta dokumen dan jawaban tertulis atas dugaan penggelapan dana yang dilakukan oleh oknum pengurus BAZNAS Pasbar, Senin siang (27/9).

Ketua investigasi garuda sakti Syofyan Huda membenarkan kejadian ini. Dia mengatakan, “perihal kedatangannya kekantor Baznas untuk meminta keterangan kepada pengurus Baznas perihal dugaan penggelapan yang dilaporkan mantan ketua lama (Suharman) atas dugaan penggelapan dana oleh pengurus lama.

“Ini bertujuan untuk, membuktikan kepada masyarakat, apakah saat ini BAZNAS Pasbar masih jujur, netral dan independen,” kata Sofyan.

Dalam hal ini kami atas nama Pemuda Garuda Sakti, memberikan surat kepada BAZNAS Pasbar, untuk meminta data, dokumen, jawaban tertulis, dan tatap muka. Katanya.

Dalam Surat ini ada 17 pertanyaan yang harus dijawab oleh pengurus Baznas. Kalau kami tidak mendapatkan jawaban, dalam waktu tiga hari maka dugaan ini akan kami lanjutkan ke ranah hukum, sebut Sofyan.

Berikut 17 Pertanyaan yang di ajukan perkumpulan organisasi pemuda Garuda Sakti Kabupaten Pasaman Barat Kepada Ketua dan lima orang pimpinan BAZNAS Pasaman Barat.

1. Kami mintak Semua Regulasi Aturan yang terkait dengan Baznas (UU, PP, Perbaznas, perpres, perda, SOP baznas pasaman barat). Ini penting karena akan menjadi acuan kerja baznas secara nasional. Agar baznas itu tertib hukum dan tertib administrasi.

2. Mintak Print Rekening Koran rekening Baznas mulai Tahun 2016-2021.

3. Mintak Laporan Keungan Tahunan baznas pasbar semenjak 2016-2021.

4. Mintak Penjelasan Tertulis Pengurus Baznas sekarang terkait dugaan dana konsuntif BAZNAS yang dilaporkan ke POLRES dengan No. laporan STTLP/198/IX/2021/SPKT-RES-PASBAR Tentang Dugaan Penggelapan Uang Baznas sekira 500 jutaan lebih?

5. Mintak Penjelasan tertulis tentang sudah berapakali dilakukan Audit BAZNAS PASBAR Oleh Akuntan Publik ? siapa auditornya?

6. Mintak data tertulis Siapa saja penerima bedah rumah dari baznas sejak tahun 2017-september 2021. Yang dimintak adalah : Nama penerima, alamat lengkap, berapa juta rupiah per unitnya, dan siapa penanggung jawabnya dalam setiap bedah rumah tsb dari pengurus baznas yang ditunjuk oleh pimpinan baznas.( bukti permulaan sdh ada)

7. Kenapa sdr. Ronaldi yg tercatat sebagai pejabat kemenag pasbar merangkap juga sebagai audit internal baznas pasbar berdasar pelantikan pengurus periode sekarang di kantor bupati pasaman barat beberapa waktu lalu (bukti lengkap). Dan sudah masuk pemberitaan media.

8. Kenapa sdr hendrizal dan ronaldi yang menjadi tim seleksi pemilihan pimpinan baznas yg meluluskan pimpinan baznas sekarang, kemudian tiba-tiba menjadi audit internal baznas ?

9. Dan kenapa sdr, pajri yang baru saja menjabat ketua partai dan katanya keluar dari partai, lalu tiba tiba menjadi audit internal baznas ? kami mintak surat pengunduran diri sdr. fajri dari partainya !
Jika tidak ada surat pengunduran diri sdr fajri dari partai, maka sangat patut dipertanyakan adanya kolusi dan adanya kepentingan tertentu. Maka kami mintak dokumen surat dimaksud dan kami mintak penjelasan tertulis agar terang adanya.

10. Mintak Penjelasan lengkap tertulis tentang: kenapa dari 500 an lebih peserta seleksi pegawai baznas yg ikut tes pada 2 september 2021, tapi hanya 34 orang yg lulus seleksi awal. Maka apa dasar kelulusannya ?

11. Lalu dilanjutkan tahap tes wawancara, dan lulus 14 orang. Maka Apa dasar kelulusannya ? kami mintak jawaban tertulis.

12. Apa dasar dibuatnya tes seleksi tsb ? sedangkan SK pengurus lama masih berjalan (kami punya bukti). Kami mintak jawaban tertulis.

13. Kami mintak agar di Buka semua lembar jawaban peserta tes didepan kami dan dipublikasi di mading informasi baznas satu persatu, lembar perlembar !
– Mana soalnya danmana kunci jawabannya ?
– dan setelah itu kita analisis bersama. Karena adalah hak publik untuk transparansi, sesuai UU KIP. Jangan sampai ada kebohongan publik dari pejabat publik. Karena dapat menjadi tindak pidana.

14. Kenapa semua pegawai baznas lama lulus tes ? kecuali dua orang saja. Ada apa ? mohon jelaskan secara tertulis !

15. Penjelasan tentang dugaan adanya soal tes yang bocor. Karena kurang diterima akal jika dua orang saja oknum pengurus lama yg tidak lulus tes, sedangkan pengurus lama lainnya yg ikut tes lulus semua. Artinya dua orang yg tidak lulus ini sangat bodoh. Benarkah ? mari buktikan berbasis data kepada kami.
-Kemudian ada yg lulus dengan nilai 38. Maka artinya yg tidak lulus sebanyak 500 an lebih itu nilainya dibawah 34. Benarkah demikian ? Wajib dibuktikan secara terbuka !

16 Kami mintak kopian SK pimpinan baru dan pegawai baru dibawah ketua sdr. Muhajir. Kalau tidak ada Sk nya, maka atas dasar apa saudara saudara bekerja di baznas pasbar ini ? kalau SK nya sdh ada, maka kami mintak kopiannya atau salinannya !

17. Penjelasan Tentang dugaan adanya surat memo bagi peserta yg lulus tes pegawai baznas dari oknum pejabat tertentu ? kami memiliki saksi saksi.(Sayid Af Ghani)

  • Bagikan
Loading...