AS Sepakati Kontrak Rp7,1 Triliun untuk Perawatan Helikopter Militer Saudi

  • Bagikan
AS Sepakati Kontrak Rp7,1 Triliun untuk Perawatan Helikopter Militer Saudi
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Amerika Serikat (AS) menyetujui kontrak senilai US$500 juta atau setara Rp7,1 triliun untuk perawatan helikopter militer Arab Saudi.

Kementerian Luar Negeri AS menyatakan bahwa dengan kesepakatan ini, Negeri Paman Sam bakal mengirimkan 350 teknisi kontraktor dan dua pejabat pemerintahan ke Saudi dalam jangka waktu dua tahun.

Mereka bakal menangani perawatan helikopter serang Apache dan Black Hawk milik militer Saudi. Mereka juga bakal mengurus transportasi Chinook milik Saudi nantinya.

Kontrak ini merupakan kesepakatan militer pertama AS dan Saudi sejak Presiden Joe Biden mengambil alih pemerintahan pada Januari lalu.

Sebelum menjabat, Biden sendiri selalu menyatakan bahwa ia akan membalas para pemimpin Saudi yang terlibat dalam pembunuhan seorang jurnalis pengkritik Pangeran Mohammed bin Salman (MbS), Jamal Khashoggi.

Tak lama setelah dilantik menjadi presiden AS, Biden pun memerintahkan peninjauan kembali seluruh kontrak senjata yang disepakati pendahulunya, Donald Trump, dan Saudi.

Pekan lalu, Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, juga membatalkan rencana kunjungan ke Saudi untuk bertemu MbS yang juga menjabat sebagai Menhan Saudi.

Selama Trump menjabat, MbS selalu menjadi kontak utama AS ketika sedang membicarakan kerja sama. Namun, Biden terus mengindikasikan bahwa ia lebih ingin berkomunikasi langsung dengan ayah MbS, Raja Salman.[prs]

  • Bagikan