Amnesty International: Insiden Lapas Tangerang Tunjukan Urgensi Penyelesaian Masalah Penjara di Indonesia

  • Bagikan
jaksa
Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid. //Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Amnesty International (AI) mendesak pemerintah mengevaluasi politik kebijakan terhadap pada pelaku kejahatan ringan buntut insiden kebakaran di Lapas Klas I Tangerang pada Rabu (8/9) dini hari.

Direktur AI, Usman Hamid menilai akar persoalan pada penjara di Indonesia saat ini adalah penghuni penjara yang melebihi kapasitas. Menurut dia, upaya pemerintah untuk mengevaluasi hal itu bisa dimulai dengan membebaskan para pelaku pidana UU ITE dan narkotika.

“Pemerintah dapat membebaskan mereka yang seharusnya tidak pernah ditahan, termasuk tahanan hati nurani dan orang-orang yang ditahan atas dasar pasal-pasal karet dalam UU ITE,” kata Usman dalam keterangannya, Rabu (8/9).

Dia berpendapat, kasus pemenjaraan terhadap para pelanggar pasal UU ITE hanya akan membuat kapasitas Lapas dan rumah tahanan semakin penuh.

Usman menyesalkan kehidupan para narapidana di rutan yang penuh sesak sehingga mengancam kesehatan mereka. Menurut dia, insiden Lapas Tangerang semakin menunjukkan urgensi untuk mengatasi masalah penjara di Indonesia yang sarat pelanggaran hak-hak asasi manusia.

Usman mendesak pemerintah melakukan investigasi dan mengusut tuntas penyebab kebakaran. Dia juga meminta pemerintah memenuhi hak para keluarga korban.

“Mereka juga manusia yang berhak atas kondisi penjara yang layak dan hak atas kesehatan,” kata Usman.[prs]

  • Bagikan