68 Siswa SMP di Pasbar Ikuti Lomba KSN Secara Online

  • Bagikan
68 Siswa SMP di Pasbar Ikuti Lomba KSN Secara Online
image_pdfimage_print
Realitarakyat.com – Sebanyak 68 Siswa dan 10 SMP di Pasaman Barat (Pasbar) mengikuti lomba kompetisi sains nasional (KSN). Kegiatan ini dilakukan secara online selama dua hari.
Kabit SMP Dinas Pendidikan Pasbar Asrinal kepada Realitarakyat.co. mengatakan, KSN Tingkat SMP merupakan wahana kompetisi bagi siswa SMP/MTS negeri/swasta dan/atau yang sederajat di seluruh Indonesia. Khusus di Pasaman Barat ada 1O SMP mengikuti lomba ini. Kemudian, “ada 68 Siswa mengikuti lomba ini dari sekolah secara online”, katanya.
“KSN yang dilangsungkan pada hari Selasa dan Rabu tanggal 14 dan 15 kemaren termasuk kedalam tahapan penyisihan. Kalau nanti ada yang lolos baru dilanjutkan ke babak final tingkat nasional”, Kata Asrinal.
“Yang dilakukan sekarang masih dalam seleksi tahap satu, dan selanjutnya pada bulan Oktober mendatang akan dilakukan penyisihan tahap dua”, sebut Asrinal.
“Sebelumnya, pada bulan Juli 2021 kemaren telah diadakan sosialisasi dan ujicoba aplikasi dan simulasi kompetisi KSN”, tukasnya.
Asrinal menegaskan, hadirnya KSN diharapkan mampu meningkatkan atmosfer kecintaan terhadap dunia sains sekaligus menanamkan suasana kompetitif, sportif, produktif dan jujur antar siswa SMP sejak dini.
Sementara untuk guru di sekolah Asrinal juga berharap agar menjadikan KSN SMP menjadi ajang motivasi untuk mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS di sekolah.
Terpisah, Kepala SMP 1 Pasaman Pulmen Evida kepada Padang Ekspres mengatakan, KSN adalah ajang yang di tunggu – tunggu oleh siswanya. Di sekolah iniĀ  Ada 9 siswa mengikuti KSN, untuk mata pelajaran IPS, IPA, dan Matematika.
Untuk mengikuti KSN ini, terlebih hahulu menunjuk guru pembimbing, kemudian mengidentifikasi siswa yang berbakat, lalu melatih siswa.
Awalnya guru pembimbing mengumumkan kepada siswa akan ada lomba KSN untuk tiga mata pelajaran ini. Kemudian bagi siswa yang berminat akan ikut seleksi, selanjutnya dari seleksi akan di latih dan dibimbing guru, sampai bisa ikut dalam lomba ini, sebutnya. (Gani)
  • Bagikan
Loading...