Connect with us

Luar Negeri

Taliban Berhasil Duduki 6 Ibu Kota Posisi di Afghanistan

Diterbitkan

Pada

Ilustrasi Taliban/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Taliban dilaporkan berhasil menduduki Aibak, ibu kota Provinsi Samangan, pada Senin (9/8/2021). Aibak menjadi ibu kota provinsi keenam di Afghanistan yang berhasil Taliban rebut dalam waktu kurang dari sepekan.

Melalui kicauan di Twitter, juru bicara Taliban mengklaim bahwa semua instalasi pemerintah dan polisi di Aibak telah “dibersihkan” dan dikuasai kelompoknya.

Taliban dilaporkan berhasil memasuki Aibak tanpa perlawanan. Sementara itu, para tetua masyarakat Aibak telah memohon pemerintah untuk menyelamatkan kota tersebut.

Wakil Gubernur Samangan, Sefatullah Samangani, juga membenarkan bahwa Taliban telah menguasai Aibak, kota di utara Samangan tersebut.

“Taliban berada dalam kendali penuh,” kata Samangani kepada AFP.

Sebelum Aibak, Taliban telah menguasai Taluqan, Ibu Kota Provinsi Takhar; Sar-e-Pul, ibu kota Provinsi Sar-e-Pul; Kunduz, Ibu Kota Provinsi Kondoz, pada Minggu (8/8).

Kehilangan Kota Kunduz, di utara Afghanistan, menjadi yang paling signifikan bagi pasukan pemerintahan Presiden Ashraf Ghani. Kunduz merupakan kota terbesar kedua yang sejauh ini berhasil dikuasai Taliban.

Sehari sebelumnya, Taliban juga berhasil menguasai Sheberghan, ibu kota Provinsi Jawzan; dan Zaranj, ibu kota Provinsi Nimruz yang berbatasan langsung dengan Iran.

Saat ini, pasukan pemerintah dan Taliban juga masih berperang di beberapa wilayah. Milisi Taliban berupaya menduduki wilayah Kandahar dan Provinsi Helmand sejak beberapa pekan terakhir.

Taliban kembali melakukan serangan-serangan dan berupaya berkuasa lagi sejak Mei lalu, menyusul penarikan pasukan koalisi Amerika Serikat dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dari negara tersebut.

AS masih beberapa kali membantu pasukan Afghanistan melawan Taliban dengan serangan udara. Namun, hal itu semakin memperumit situasi karena pemerintah Afghanistan dan Taliban juga tengah melakukan perundingan damai.

Taliban mengklaim sudah merebut 90 persen wilayah di Afghanistan dari pemerintah. Namun, pasukan pemerintahan Presiden Ashraf Ghani bersumpah akan merebut kembali daerah-daerah yang kini dikuasai Taliban.

Salah satu sumber pasukan Afghanistan mengatakan bahwa mereka tengah menyusun strategi untuk meluncurkan serangan besar-besaran.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle

Supermodel Naomi Campbell Kembali ke Catwalk

Diterbitkan

Pada

Penulis

Naomi Campbell (ist/net)
Baca Berita

Luar Negeri

“Indonesian Day and Cultural Fair” di AS – Budaya Indonesia Diperkenalkan di Universitas Richmond

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Luar Negeri

Ini Tujuan Taliban Gantung Terduga Penculik di Depan Umum

Diterbitkan

Pada

Penulis

(ist/net)
Baca Berita
Loading...