Syarief Hasan Dukung Langkah Pemerintah Kembangkan UMKM Lewat Gerakan Bangga Buatan Indonesia

  • Bagikan
Syarief Hasan Dukung Langkah Pemerintah Kembangkan UMKM Lewat Gerakan Bangga Buatan Indonesia
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan, mendukung langkah pemerintah terkait pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui gerakan bangga buatan Indonesia (BBI).

“UMKM membutuhkan dukungan dari pemerintah untuk melakukan produksi dan memasarkannya di dalam negeri,” kata Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan, melalui keterangan tertulisnya, Minggu (29/8/2021).

Syarief Hasan mengatakan berbagai produk impor telah mengambil pangsa pasar dari produk lokal buatan anak negeri. Beberapa waktu terakhir, serbuan barang-barang asing kian marak di beberapa “market place” atau pasar daring yang ada di Indonesia.

Akibat serbuan tersebut produk lokal tergeser. Bahkan, berpotensi menyebabkan produk dalam negeri mati sehingga dibutuhkan langkah nyata untuk mendukung produk-produk UMKM buatan anak negeri.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat tersebut juga mendorong pemerintah memperbanyak kerja sama dengan marketplace yang beroperasi di Indonesia.

“Ada banyak marketplace yang beroperasi di Indonesia dan bisa diajak kerja sama serta bisa membantu pemasaran produk dalam negeri,” kata dia.

Di saat bersamaan pemerintah juga didorong untuk mendukung UMKM agar menciptakan barang dan jasa berkualitas. Tujuannya agar produk-produk lokal bisa berdaya saing di pasaran.

Selain itu, pemerintah juga harus terus mempertemukan UMKM dengan BUMN dan perusahaan swasta lainnya yang dapat membantu modal, produksi hingga pemasaran produk agar naik kelas.

Kemudian, termasuk pula memberikan perhatian terhadap proses digitalisasi UMKM. Sebab, selama ini UMKM hanya mengambil 10 persen ceruk pasar digital yang dikuasai oleh produk-produk asing.

Ia berpendapat aneka produk-produk dalam negeri juga memiliki kualitas yang baik sehingga masyarakat diminta tidak ragu membeli produk lokal.

“Kita memiliki produk-produk lokal yang berkualitas, mulai dari kerajinan tangan, kuliner khas yang telah mendunia dan membanggakan Indonesia,” ujarnya.

Terakhir, politisi Demokrat tersebut mengapresiasi langkah pemerintah yang bekerja sama dengan Shopee Indonesia dalam hal pemajuan UMKM melalui gerakan BBI.

“Saya atas nama pimpinan MPR RI dan Partai Demokrat mengapresiasi langkah pemerintah bersama manajemen Shopee Indonesia yang telah memberikan ruang seluas luasnya kepada UMKM dalam memasarkan produk-produknya,” ujarnya. (ndi)

  • Bagikan