Connect with us

Uncategorized

SWI OJK Sebut Ada 121 Pinjol yang Ilegal

Diterbitkan

Pada

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tongam Lumban Tobing/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tongam Lumban Tobing mencatat saat ini ada 121 pinjaman online (pinjol) yang terdaftar alias legal.

Angka tersebut turun dari catatan per akhir Juni. Saat itu, masih ada 124 pinjol yang tercatat. Sayangnya, dia tak membeberkan pinjol mana saja yang izinnya dicabut. Namun, daftar lengkap pinjol legal dapat dilihat di situs resmi OJK www.ojk.go.id atau tautan berikut ini: bit.ly/daftarfintechlendingOJK.

“Saat ini ada 121 fintech layanan online yang sudah melayani peminjam 64,8 juta nasabah,” kata Tongam dalam keterangannya, Senin (9/8/2021).

Tongam kemudian menambahkan dana yang sudah disalurkan lewat pinjol tercatat sebesar Rp221,56 triliun dengan baki pendanaan (outsanding) sebesar Rp23,7 triliun atau sekitar 10,6 persen.

Menurut dia, besarnya pendanaan lewat pinjol menunjukkan bahwa pinjol memang dibutuhkan oleh masyarakat yang tidak bisa mengakses ke pembiayaan formal seperti perbankan. Selain itu, mudahnya mendapat pinjaman lewat pinjol juga menjadi salah satu keunggulan yang membuatnya digandrungi masyarakat.

Kendati demikian, Tongam juga menyoroti menjamurnya pinjol ilegal di masyarakat. Sejauh ini, ia mencatat sudah memblokir dan melaporkan 3.365 pinjol ilegal.

Tongam mengatakan mudahnya membangun situs atau aplikasi bodong menjadi salah satu alasan maraknya pinjol ilegal saat ini.

Di sisi lain, masih rendahnya literasi keuangan juga membuat banyak masyarakat yang tertipu pinjol ilegal. Untuk itu, ia menyebut penting untuk mengubah perilaku masyarakat yang terlalu cepat percaya dan kerap mengambil pinjaman non-produktif di atas kemampuan mereka.

“Ada perilaku yang perlu diperbaiki, masyarakat kita banyak yang konsumtif. Harus digalakkan cerdas meminjam,” pungkasnya.[prs]

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Uncategorized

Komisi III Akan Tanya Kemenkumham di RDP Soal Tenggelamnya Kapal Milik DitjenPas

Diterbitkan

Pada

Penulis

Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil (ist/net)
Baca Berita

Uncategorized

Jenazah WNA Portugal Korban Kebakaran Lapas Dipulangkan

Diterbitkan

Pada

Penulis

(ist/net)
Baca Berita

Uncategorized

Nakes Korban Kekerasan KKB Jalani Pemulihan Trauma

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita
Loading...