Soal Alat Suntik Kosong di Pluit, Kemenkes Tuding Vaksinator Lakukan Kelalaian

  • Bagikan
pcr
Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi //Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan peristiwa vaksinasi COVID-19 diduga menggunakan alat suntik kosong di Pluit, Jakarta Utara, Jumat (6/8), terjadi karena kelalaian vaksinator.

“Ini sebabnya kesalahan saat mengambil suntikan yang belum diisi vaksin,” kata Siti Nadia Tarmizi saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (9/8/2021) malam.

Nadia mengatakan, vaksinator tersebut diketahui bekerja sebagai tenaga perawat di Rumah Sakit Graha Kedoya, Jakarta Utara.

Peristiwa itu, kata Nadia, sedang dilakukan pemeriksaan oleh personel Kepolisian Sektor (Polsek) setempat untuk memperoleh keterangan dari sejumlah pihak terkait. “Saat ini sedang didalami oleh polisi,” katanya.

Atas kejadian tersebut, kata Nadia, Kementerian Kesehatan bersama Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah memutus kerja sama dengan vaksinator tersebut.

“Saat ini yang bersangkutan sudah tidak boleh menjadi vaksinator lagi dan kita juga minta penanggung jawab harus lebih memonitor hal ini,” katanya.

Sebelumnya, tayangan video yang memperlihatkan seorang pria mendapat vaksin COVID-19 dari alat suntik kosong viral di sejumlah media sosial.

Video berdurasi 15 detik itu memperlihatkan bagian “plunger” atau komponen pompa piston di alat suntik berada pada indikator nol tanpa cairan di dalam tabung. (ndi)

  • Bagikan