Connect with us

Hukum

Sibuk Urusan Teknis dan Administrasi, Alibi Kejari Jakpus Belum Eksekusi Pinangki ke Lapas

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat mengungkap alasan belum mengeksekusi terpidana penerima uang suap dan gratifikasi pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) Djoko Tjandra, Pinangki Sirna Malasari ke lapas.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jakarta Pusat Riono Budi Santoso menyebut saat ini pihaknya masih menyelesaikan urusan teknis dan administratif. Setelah administrasi diselesaikan, ia memastikan Pinangki bakal dieksekusi ke lapas.

“Hanya kami masih menyelesaikan urusan teknis dan administratif. Dalam waktu dekat yang bersangkutan akan kami eksekusi,” jelasnya singkat, Minggu (1/8/2021).

Kendati mengaku tidak menemui kendala dalam mengeksekusi Pinangki, Riono menyebut belum dapat memastikan kapan Pinangki bakal diproses dari rutan ke lapas.

“Sejak penyidikan yang bersangkutan sudah di dalam rutan. Enggak ada masalah,” kata dia.

Sebelumnya, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta mengabulkan permohonan banding Pinangki dengan memotong hukuman dari 10 tahun menjadi 4 tahun penjara.

Pinangki terbukti melakukan tindak pidana korupsi, tindak pidana pencucian uang (TPPU), dan pemufakatan jahat terkait sengkarut penanganan perkara terpidana korupsi hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra.

Dalam pertimbangannya, hakim mengungkapkan sejumlah hal yang meringankan, antara lain Pinangki mengaku bersalah dan menyesali perbuatannya, serta telah mengikhlaskan dipecat sebagai jaksa.

Kemudian Pinangki merupakan seorang ibu yang mempunyai anak berusia empat tahun. Selain itu, Pinangki sebagai wanita harus mendapat perhatian, perlindungan dan diperlakukan secara adil.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hukum

Sebanyak 9 Remaja di Garut Terlibat Narkoba, Langsung Dikirim ke BNN

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Hukum

Duit Rp 541 Juta yang Disita dari Bekas Kades Kemantren Dikembalikan Kejari Sidoarjo

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Hukum

Pegawai Rutan Ditangkap Gegera Aniaya Santri

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita
Loading...