Connect with us

Headline

Selalu Menjadi Sorotan, Ini Deretan Paskibraka Pembawa Baki Dari Tahun Ketahun

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com –Dalam upacara peringatan HUT RI, tentu yang menjadi sorotan masyarakat yakni si putri Paskibraka yang membawa baki bendera pusaka.

Pembawa baki menjadi peran penting yang diidamkan banyak paskibra perempuan. Selain tenang dan mantap, biasanya mereka dipilih karena cantik

Tahun ini, tugas sebagai pembawa baki saat pengibaran bendera pusaka HUT ke-76 RI diemban oleh Paskibraka putri perwakilan dari SMAN 4 kota Pasuruan, Jawa Timur, yakni Anggita Larasati Suhartiwi.

Selain Anggita yang tercatat pada tahun ini, ternyata ada sosok-sosok Paskibraka yang pernah membawa baki ditahun-tahun sebelumnya. Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah sosok-sosoknya yang pernah berperan menjadi Pembawa Baki ditahun sebelumnya.

1. Adelana Tesalonika Riswantyo (2013)

 

Putri asal Sulawesi Tenggara ini menjadi pembawa baki untuk Sang Saka Merah Putih pada peringatan HUT ke-68 RI di Istana Negara.

Pada tahun 2013, Adelana juga menerima bendera langsung dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kala itu, Adelana masih di SMAN 4 Kendari, Sulawesi Utara.

2. Juana Gita Medinnas Janis (2014)

Beralih ke tahun 2014, yang berhasil menjadi pembawa baki adalah seorang gadis manis asal Sulawesi Utara yaitu Juana Gita Medinnas Janis.

Juana menjadi pembawa bendera di Istana Negara pada peringatan HUT ke-69 RI yang diberikan langsung oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Saat menjadi pembawa baki, Juana masih di SMAN 1 Tahuna Sulawesi Utara.

3. Maria Felicia Gunawan (2015)

Dipercaya menjadi permbawa bendera, Maria juga sekaligus menorehkan sebuah sejarah.

Pasalnya, Maria yang merupakan siswi BPK Penabur Gading Serpong itu adalah pembawa bendera pertama yang berasal dari keturunan Tionghoa.

Selain itu, Maria juga menjadi pembawa baki pertama yang menerima bendera dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang belum lama memimpin Indonesia kala itu. Cia, begitu biasa disapa, menjadi pembawa baki pada peringatan HUT ke-70 RI pada 2015.

4. Nilam Sukma Pawening (2016)

Mewakili DKI Jakarta, Nilam terpilih menjadi pembawa baki pada HUT ke-71 RI tahun lalu yaitu 2016. Siswi SMAN 67 Jakarta ini menerima bendera langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bahkan ia ditunjuk pada hari-H, 3 jam sebelum bendera akan di naikkan. Dengan seleksi ketat dan latihan yang giat, gadis kelahiran Jakarta, 19 Oktober 2000 akhirnya berhasil menjalankan latihan dengan baik.

5. Fariza Putri Salsabila (2017)

Datang sebagai perwakilan Jawa Timur, Siswi SMA Negeri 1 Blitar ini, juga ditunjuk sebagai pengemban tugas mulia, membawa baki Sang Saka.

Saatsa berjalan, Fariza Putri Salbila, sangat booming di dunia maya karena parasnya. Bahkan nama Fariza ada di urutan ke 4 google trend di bawah Dirgahayu, Promo 17 Agustus 2017 dan Real Madrid Cf saat menyukseskan pengibaran bendera di Istana Negara.

6. Tarrisa Maharani Dewi (2018)

Tahun 2018, tugas sebagai pembawa baki saat pengibaran bendera pusaka HUT ke-73 RI diemban oleh Paskibraka putri perwakilan dari Jawa Barat, Tarrisa Maharani Dewi. Ia merupakan siswi dari SMA 7 Krida Nusantara.

Munculnya nama Tarrisa Maharani Dewi sebagai salah satu pembawa baki tak mengherankan bagi tim Diary Paskibraka. Berdasarkan pantauan selama Diklat Paskibraka 2018, Tarrisa cukup sering jadi pembawa baki.

Tarisa sendiri menghitung ada lebih dari sembilan kali dia di-dril untuk menerima bendera Merah Putih untuk kemudian dikibarkan.

7. Salma El Mutafaqqih (2019)

Pada upacara HUT ke-74 RI, yang disimpan sebagai pembawa baki Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi yang berasal dari SMA Pradita Dirgantara, Boyolali, Jawa Tengah.

Salma akan menerima Sang Saka Merah Putih dari Presiden Joko Widodo untuk dikibarkan. Ada pun yang menjadi tim pengibar dari Kelompok Merah adalah Rayhan Alfaro Ferdinan Siregar (Paskibraka Nasional 2019 DKI Jakarta), Rangga Wirabrata Mahardika (Jawa Barat), dan Rafi Ahmad Falah (Banten)

Selama pendidikan dan pelatihan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga milik Kementerian Pemuda dan Olahraga di Cibubur, Jakarta Timur, Paskibraka kelahiran Malang, 16 Desember 2002 ini cukup sering sebagai pembawa baki 2019.

8. Indrian Puspita Rahmadhani (2020)

Indrian Puspita Rahmadhani menjadi pembawa baki bendera merah putih dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (17/8/2020).

Putri asal Provinsi Aceh tersebut merupakan siswi SMAN 1 Bireuen. Indrian lahir di Bireuen pada 10 November 2003.

Ia merupakan anak pertama dari pasangan M Faris A Roni Nurjaman dan Elly Hafni. Sementara itu, ia dikenal sebagai anak yang berprestasi sejak kecil.

9. Anggita Larasati (2021)

Anggita Larasati menajdi peteugas pengibaran bendera yang ditujuk sebagai Pembawa Bendera (Baki) pada Upacara 17 Agustus 2021 hari ini.

Anggita Larasati Suhartiwi merupakan siswi asal Pasuruan, Jawa Timur. Ia dan 67 Paskibraka Nasional dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis 12 Agustus 2021.

Anggita merupakan siswi Kelas XI MIPA 3 SMAN 4 Kota Pasuruan. Anggita memiliki tinggi badan 170 cm dan berat badan 59 kg.(ilm)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Headline

Kata KPK, Novel Baswedan Cs Dipecat Tanpa Pesangon dan Uang Pensiun

Diterbitkan

Pada

Penulis

KPK/Net
Baca Berita

Headline

Sebut Sudah Tak PPKM Darurat, Risma Hentikan BST Rp300 Ribu ke Warga Terdampak Covid

Diterbitkan

Pada

Penulis

Mensos Tri Rismaharini/Net
Baca Berita

Headline

Menko Polhukam Mahfud MD Sebut Jokowi Restui Tanah Bekas Sitaan Kasus BLBI Dijadikan Buat Lapas

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita
Loading...