Satgas Penanganan Covid-19 Dukung Liga 1 Dilanjutkan

  • Bagikan
Satgas Penanganan Covid-19 Dukung Liga 1 Dilanjutkan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) mendapatkan dukungan dari BNPB-Satuan Tugas Penanganan Covid-19 untuk melanjutkan Liga 1 musim 2021-2022.

Dikutip dari keterangan LIB yang diterima di Jakarta, Senin (30/8) malam, Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengingatkan agar liga tetap berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Kami akan sangat mendukung bergulirnya kembali kompetisi sepak bola profesional di Indonesia,” ujar Ganip.

Pernyataan tersebut disampaikan Ganip saat ditemui Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto, Sekjen PSSI Yunus Nusi serta Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita di Kantor BNPB, Senin (30/8) sore.

Dalam kesempatan itu, PSSI dan LIB menyampaikan kesanggupan untuk selalu menjalankan prosedur kesehatan yang sudah berjalan pada tiga laga awal Liga 1 2021-2022.

Beberapa protokol yang dilaksanakan seperti adanya tes usap PCR sehari sebelum pertandingan, menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan mewajibkan sudah menerima vaksin.

Rencananya, pertandingan lanjutan pekan pertama Liga 1 akan bergulir mulai 3 September 2021 di beberapa stadion di Jabodetabek.

“Saat pelaksanaan pertandingan, kami juga memastikan bahwa perimeter dalam area stadion dalam kondisi steril, serta memastikan ketersediaan peralatan kesehatan seperti ‘thermogun’ dan ‘hand sanitizer’ bisa digunakan secara maksimal,” kata Akhmad Hadian.

Sementara Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto menegaskan bahwa semua klub siap untuk melanjutkan Liga 1 Indonesia 2021-2022.

“Menyimak perkembangan kondisi dan semangat klub-klub, kami berharap bisa melahirkan kompetisi yang ‘fair’, berkualitas, dan menghibur masyarakat Indonesia di tengah situasi pandemi ini,” tutur Iwan.

Liga 1 Indonesia 2021-2022 dimulai sejak 27 Agustus 2021 dan telah menuntaskan tiga pertandingan yaitu Bali United versus Persik pada Jumat (27/8) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Persipura kontra Persita di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/8) dan Bhayangkara FC melawan Persiraja pada Minggu (29/8) di Indomilk Sport Center, Tangerang, tanpa kendala berarti.

Pemerintah sendiri memang menjadikan tiga laga perdana Liga 1 Indonesia 2021-2022 sebagai kesempatan untuk melihat apakah pihak penyelenggara kompetisi, dalam hal ini PSSI dan LIB, dapat menjalankan protokol kesehatan sesuai kesepakatan atau tidak.[prs]

  • Bagikan