Connect with us

Nasional

RI Masuk 16 Besar Kekuatan Militer Dunia, di Atas Arab Saudi, Australia dan Israel

Diterbitkan

Pada

ilustrasi (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Indonesia menempati posisi ranking 16 besar dalam kancah kekuatan militer dunia. Demikian laporan yang dirilis Global Fire Power (GFP) dengan tajuk ‘2021 Military Strength Ranking. Nilai Firepower’ atau kekuatan militer yang ditampilkan ini menggunakan lebih dari 50 faktor individu untuk menentukan skor PowerIndex (‘PwrIndx’) suatu negara dengan kategori mulai dari kekuatan militer dan keuangan hingga kemampuan logistik dan geografi. Penilaian ini dilakukan di 140 negara.

Bahkan, posisi Indonesia bahkan berada di atas Arab Saudi, Australia dan Israel dengan PowerIndex sebesar 0,2684. Posisi Indonesia ini, kemudian disusul oleh Arab Saudi pada peringkat 17 dan Spanyol peringkat 18.

Nilai PowerIndex itu, menggambarkan Indonesia tercatat menempati peringkat ke-4 dunia dengan 267 juta jiwa. Sementara total personel militer dicatat sebanyak 400 ribu personel.

Sedangkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dihitung dan diperbandingkan ialah total unit alutsista. Seperti misalnya kekuatan udara Indonesia dihitung dari 458 unit helikopter. Kendati demikian, penilaian ini berdasarkan kuantitas, bukan kualitas.

Indonesia memang diketahui menjadi langganan 20 besar ranking kekuatan militer dunia versi GFP. Bahkan, Indonesia bukan kali ini saja berada di atas Israel.

Dalam Global Firepower dalam ‘2019 Strength Ranking (BETA)’, Indonesia pernah menempati peringkat 15, sementara Israel menempati peringkat 16. (ndi)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Anak Usia 12 Tahun Mulai Diperbolehkan Dibawa ke Mall

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

DPR

Dukung Indonesia Jadi Pusat Produksi Vaksin Global, PKS Senayan Minta Pemerintah Lobi WHO

Diterbitkan

Pada

Penulis

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher (ist/net)
Baca Berita

DPR

Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, DPR Minta Pemerintah Tingkatkan Faskes

Diterbitkan

Pada

Penulis

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (ist/net)
Baca Berita
Loading...