Olimpiade Tokyo – Singkirkan Turki, Tim Voli Putri Korea Maju ke Semifinal

  • Bagikan
Olimpiade Tokyo - Singkirkan Turki, Tim Voli Putri Korea Maju ke Semifinal
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Tim bola voli putri Korea Selatan tampil gemilang dan sukses melaju ke babak semifinal Olimpiade Tokyo 2020 setelah menyingkirkan salah satu tim kuat yakni Turki pada laga perempat final di Ariake Arena, Rabu dengan skor 3-2 (17-25, 25-17, 28-26, 18-25,15-13).

Kemenangan Korea Selatan ini bisa dikatakan sebuah kejutan karena rangking dunia tim Negeri Gingseng ini berada di posisi 13 sedangkan Turki berada di posisi empat dunia.

Dikutip dari laman resmi Olimpiade, Turki yang diperkuat beberapa nama beken seperti Meryem Boz, si cantik Zehra Gunes hingga pemain bengal Ebrar Karakurt tampil apik di set pertama meski lawan juga memberi perlawanan keras. Turki mampu unggul di set pertama dengan 25-17.

Memasuki set kedua, permainan apik Turki tidak bisa jalan di set kedua. Pola serangan yang dilalukan bisa terbaca oleh pemain Korea Selatan yang mengandalkan beberapa nama beken seperti Kim Yeon-koung hingga Park J. Hasilnya Korea mengambil set kedua dengan skor 25-17.

Kedudukan sama kuat 1-1 membuat permainan jauh lebih ketat. Korea yang digembleng pelatih asal Italia Lavarini S bermain keras begitu juga Turki yang mengandalkan smes-smes keras. Namun, Korea lebih beruntung dengan mengakhiri pertandingan dengan 28-26.

Tak ingin menyerah, Turki langsung menggebrak di set empat. Poin demi poin dikumpulkan oleh Meryem Boz maupun Ebrar Karakurt. Korea di set ini terlihat kehilangan arah dan menyerahkan set empat ke Turki dengan skor 25-18. Set kelimapun harus dimainkan.

Di set penentuan kedua tim bermain imbang. Korea yang bermain lebih tenang mampu unggul satu poin hingga technical time out (TTO). Turki lewat Meryem Boz mampu menempel perolehan poin, namun permainan yang kurang bagus membuat Korea menerima dua poin secara beruntun hingga kedudukan 14-11.

Turki sebenarnya mampu tampil apik dan mendapatkan dua poin secara beruntun hingga kedudukan 13-14. Namun, poin akhir tetap berpihak ke lawan. Korea Selatan mengakhiri pertandingan 15-13 dan menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Olimpiade Tokyo dengan kemenangan 3-2. (ndi)

  • Bagikan