Connect with us

Politik

NIK Dipakai Orang Lain untuk Vaksinasi, Junimart Minta Kemendagri Larang Instansi Terima Layanan Pakai KTP Manual

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membuat surat edaran dan lakukan koordinasi ke semua instansi agar tidak melayani penggunaan Kartu Tanda Penduduk non-elektronik atau KTP manual.

Langkah itu menurut dia agar tidak berulangnya kejadian Nomor Induk Kependudukan (NIK) seseorang digunakan orang lain untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

“Kemendagri perlu buat surat atau koordinasi ke semua instansi untuk tidak melayani seorang yang masih menggunakan KTP manual. KTP elektronik lebih aman jika digunakan karena bisa langsung kroscek ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil apabila ada hal yang dicurigai,” kata Junimart kepada wartawan, Rabu (4/8/2021).

Hal itu dikatakannya terkait kejadian seorang warga di Bekasi, Jawa Barat, bernama Wasit (47) tidak bisa ikut vaksinasi Covid-19 karena NIK miliknya telah digunakan oleh Warga Negara Asing (WNA) untuk melakukan vaksinasi serupa.

Junimart menjelaskan, dirinya telah menanyakan kepada Kemendagri terkait adanya temuan NIK ganda saat digunakan warga, karena disebabkan masih ada yang menggunakan KTP non-elektronik saat mengurus keperluan.

“NIK ganda terjadi karena NIK yang di input oleh instansi masih memakai KTP manual, belum KTP-e. Kalau KTP manual dipakai bisa ganda, namun kalau digunakan KTP-e tidak mungkin ganda,” ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan itu menjelaskan, Komisi II DPR RI telah menerima laporan dari Kemendagri bahwa kementerian tersebut akan membentuk Tim Integrator Data Kependudukan untuk mencegah terjadinya NIK ganda.

Menurut dia, Komisi II DPR mendukung upaya pemerintah dalam perbaikan sistem data kependudukan tersebut sehingga tidak berulang kejadian NIK ganda ketika seseorang ingin mengurus keperluannya.[prs]

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik

Menyoal Vaksinasi, DPR Harap Tak Ada Warga yang Tertinggal

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Nasional

Gaya Komunikasi Politik Ketum Golkar Dinilai Bisa Naikan Elektabilitas Menuju 2024

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Nasional

Party Watch Institute: Gerindra Berpeluang Usung Sandiaga di Pilpres 2024, Ini Alasannya

Diterbitkan

Pada

Penulis

Sandiaga Uno (ist/net)
Baca Berita
Loading...