Mensos Berikan Penghargaan Kepada 47.283 Pilar Sosial dan Masyarakat

Realitarakyat.com – Sebanyak 47.283 pilar sosial dan masyarakat menerima penghargaan dari Kementerian Sosial pada momentum peringatan 76 tahun Kemerdekaan Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan karena peran aktif mereka dalam penanganan Covid-19.

“Penghargaan itu yang milih daerah. Jadi kita memberikan edaran ke daerah. Daerahlah yang memilih, karena kami terlalu jauh dan kami tidak bisa menjabgkau. Karena kan daerah tau ke akftifannya, sepak terjangnya sehari-hari,” tutur Risma usai mrmberikan penghargaan di Jakarta, Selasa (17/8/2021).

Risma mengatakan mereka merupakan sosok-sosok yang selama ini bekerja ditengah kesenyapan dalam penanganan pandemi. Harapannya kata Risma sosok mereka ini bisa menginspirasi, bahwa dengan gotong royong Indonesia bisa menuntaskan badai pandemi yang masih berlangsung.

“Kekuatan Indonesia adalah gotong royong. Dengan gotong royong itu maka kemudian beban semuanya menjadi bisa diselesaikan secara bersama-sama. Momentum ini yang kita ambil dengan semangat kemerdekaan ini,” ujar Risma.

“Kemudian penghargaan untuk saudara-saudara kita yang bekerja dengan tulus yang selama ini tidak ada yang melihat merek. Namun ini adalah upaya kami memberikan penghargaan kepada mereka,” tambahnya melengkapi.

Risma meyakini sosok seperti mereka masih banyak yang tak terihat. Ia pun mengaku siap untuk memberikan penghargaan kepada mereka yang tulus dan ikhlas dalam membantu penanganan pandemi Covid-19.

“Jadi memang mungkin belum semuanya terlihat. Saya yakin masih banyak diluar sana yang peru diberikan. Karena itu kami siap. Karana sebetulnya yang kita berika ini bagaimana kita mengajak semuanya bisa bergotong royong. Sehinga kita bisa menyelesaikan masalah bersama sama,” tutup Risma.

Sebagai informasi, 47.283 pilar sosial dan masyarakat terdiri dari berbagai latar belakang, antara lain:

Karang Taruna – 66

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan – 105

Pekerja Sosial Masyarakat – 391

Lembaga Kesejahteraan Sosial – 21

Pendamping Keluarga Harapan – 271

Taruna Siaga Bencana – 210

Pendamping Rehabilitasi Sosial – 169

Penyuluh Sosial Masyarakat – 113

Petugas Pemakaman – 363

Satgas Covid-19 – 9

Tenaga Medis – 45043

Petugas Pemulasaran Jenazah – 9

Petugas Ambulan – 131

Pelopor Perdamaian – 96

Masyarakat – 6

PMI Pusat – 48

“Karena keterbatasan kondisi ditengah pandemi covid-19 maka secara simbolis diberikan tadi terhadap 14 pilar sosial saja,” tandasnya.(Ilm)