Menkes Lantik Tenaga Ahli Kemenkeu Kunta Wibawa Jadi Sekjen Kemenkes

Realitarakyat.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melantik Kunta Wibawa Dasa Nugraha sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan menggantikan Oscar Primadi. Budi menyampaikan selamat dan meminta seluruh jajaran Kemenkes bisa memberikan dukungan kepada Kunta.

“Untuk Pak Kunta selamat datang saya sangat berterimakasih kepada bapak presiden dan ibu menteri keuangan bisa mengajak bapak ke Kemenkes. Saya mohon teman-teman eselon 1 bisa mendukung beliau,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Senin (9/8/2021).

Kunta secara resmi meneruskan jabatan yang sebelumnya diisi oleh Oscar Primadi pada hari ini. Diketahui latar belakang Kunta bukan berasal dari kesehatan, berbeda dengan Oscar Primadi yang seorang dokter gigi dan ahli kesehatan masyarakat.

Kunta merupakan kelahiran Solo, 30 November 1968. Menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada pada 1993.

Ia meneruskan pendidikan dan meraih gelar Master of Art in Macroeconomics dari Boston University, Amerika Serikat pada 1999. Dia juga meraih gelar Ph.d dalam Public Finance dari University of Canberra, Australia pada 2013.

Sebelum ditunjuk sebagai Sekjen Kemenkes, Kunta menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara, Kementerian Keuangan RI sejak 31 Januari 2020.

Kunta juga pernah menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Analisa Penerimaan Perpajakan, DJA tahun 2005. Lalu ditunjuk sebagai Kepala Bidang Analisa Kebijakan Perpajakan BKF pada 2008.

Pada 2013, Kunta dilantik menjadi Kepala Bidang Forum Multilateral BKF, dan pada 2014 dilantik menjadi Direktur Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara DJA.[prs]