Connect with us

Daerah

Ketua Utama Alkhairaat Wafat, Wali Kota Palu Imbau Warga Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Diterbitkan

Pada

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wali Kota Palu Hadianto Rasyid mengimbau warga mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang sebagai bentuk belasungkawa yang sangat mendalam atas wafatnya Ketua Utama Alkhairaat Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri, Selasa (3/8/2021) sore.

Pengibaran bendera setengah tiang untuk menghormati jasa dan pengabdian ketua organisasi Islam terbesar di wilayah Indonesia Timur itu dilakukan dari Rabu (4/8/2021) hingga Jumat (6/8), katanya di Palu, Selasa (3/8/2021) malam.

Pengibaran bendera tersebut tidak hanya dilakukan di rumah-rumah warga tetapi juga di instansi-instansi pemerintah di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) itu, katanya.

Menurut Hadianto, jasa dan pengabdian Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri begitu besar terutama di bidang pendidikan Islam.

“Insya Allah, amal ibadah almarhum Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri diterima di sisi Allah SWT. Dilapangkan kubur beliau, dan diampuni dosa-dosa beliau,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Besar Alkhairaat Habib Sayyid Ali bin Muhammad Aljufri mengajak seluruh komisariat wilayah (Komwil) dan komisariat daerah (Komda) Alkhairaat agar menggelar tahlil.

“Kita berada di tengah pandemi COVID-19. Jadi diimbau agar tahlilan dilakukan di rumah masing-masing sedangkan di Kota Palu dilaksanakan di Masjid Alkhairaat. Tapi nanti kita lihat situasinya,” katanya.

Almarhum Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri memimpin Alkhairaat sejak 1974. Alkhairaat memfokuskan kegiatannya pada pengembangan dunia pendidikan, terutama pendidikan Agama Islam di kawasan Indonesia Timur.

Semasa hidupnya, Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri dikenal sebagai sosok dermawan, ulama, pendidik, cinta belajar, dan gemar mengajar meski usianya telah renta.

“Habib Saggaf dikenal sebagai seorang cendekiawan Muslim Indonesia asal Kota Palu yang lahir di Pekalongan. Ia adalah salah satu tokoh yang dihormati dalam masyarakat dan sering dikunjungi para pejabat negara untuk membahas masalah agama dan negara,”katanya.

Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri wafat di Rumah Sakit Alkhairaat Kota Palu pada Selasa sekitar pukul 15:50 waktu setempat.

Almarhum dikebumikan pada Rabu selepas Shalat Zuhur di kompleks pemakaman Alkhairaat berdekatan dengan makam pendiri Alkhairaat, Habib Idrus bin Salim Aljufri. (ndi/ant)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Perkembangan UMKM di Solo Pesat, Walikota Bilang Begini

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Daerah

Temuan Kasus Baru Covid-19 di Sekolah Blora Dipastikan Bukan Klaster PTM

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Daerah

Ganjar Klaim Daerah di Jateng Tak Berstatus Level 4

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita
Loading...