Connect with us

Headline

Kemenkes Akui Herd Immunity 100 Persen Sulit Tercapai

Diterbitkan

Pada

Jubir Vaksinasi Covid Kemenkes Siti Nadia Tarmizi/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi tidak menampik pernyataan Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengenai kekebalan kelompok atau herd immunity sukar tercapai karena tak ada vaksin Covid-19 dengan efikasi 100 persen.

Menurut Nadia, dengan vaksinasi yang tak memiliki efikasi sampai 100 persen, masih ada kemungkinan orang yang mendapat vaksin tertular kembali virus corona.

“Apalagi saat ini virus masih dalam jumlah yang tinggi dan laju penularannya juga tinggi, ingat keseimbangan penyakit ada tiga faktor; manusia, virus, dan lingkungan,” kata Nadia saat dihubungi, Rabu (4/8).

Lebih lanjut, menurut Nadia, jika tidak faktor tersebut, maka bukan tidak mungkin penularan masih terjadi. Oleh sebab itu, upaya lain untuk membentuk herd immunity adalah dengan menerapkan protokol kesehatan dan bagi yang belum untuk segera melakukan vaksinasi.

“Upaya untuk meningkatkan efektivitas vaksin dengan protokol kesehatan selain menyegerakan vaksinasi, sehingga semakin banyak orang yang sudah memiliki antibodi dalam tubuhnya,” ujar dia.

Luhut sebelumnya mengakui kekebalan kelompok atau herd immunity sukar tercapai karena tak ada vaksin Covid-19 dengan efikasi 100 persen. Sebelumnya, Presiden Jokowi menargetkan kekebalan kelompok bisa tercapai di Jawa-Bali pada Agustus.

Luhut menyebut, melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/8), angka reproduksi Virus Corona saat ini 1,2 hingga 1,5. Agar Covid-19 terkendali, ia menyatakan angka reproduksi mesti turun sampai 1,0. Caranya, tidak bisa sekadar mengandalkan vaksinasi.

“Apa itu formulanya? Adalah coverage dari vaksinasi tinggi, 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak), dan 3T (tes, telusur, tindak lanjut),” kata dia, yang juga menjabat Menko Maritim dan Investasi.[prs]

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DPR

Gegara Puan Canda Dengan Warga, Pangdam Jaya sampai Tertawa, Begini Candaannya

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

DPR

Mulai Tingkat DPRD Kabupaten Kota Hingga DPR RI Fraksi NasDem Gelar Workshop Nasional Bahas Revisi Perpres Nomor 33 Tahun 2020 di Makassar

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Headline

Menutup Eksibisi di Papua, Bamsoet Dorong Olahraga E-Sports Topang Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita
Loading...