Kemenaker Minta Pengawas Ketenagakerjaan Lakukan Supervisi Pengoperasian ISO Tank Oksigen

Realitarakyat.com – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menginstruksikan Pengawas Ketenagakerjaan, baik di pusat maupun di daerah, untuk melakukan supervisi terhadap pengoperasian ISO Tank.

Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Binwasnaker dan K3) Haiyani Rumondang mengungkapkan, hal itu dilakukan demi memastikan pendistribusian oksigen ke berbagai tempat berjalan aman dan lancar.

“Dalam rangka mendukung percepatan tersedianya oksigen untuk penanganan Covid-19 yang saat ini dibutuhkan masyarakat Indonesia, Kemnaker memberikan kemudahan dalam penggunaan ISO Tank secara aman dan selamat,” kata Haiyani dalam keterangannya, Minggu (1/8/2021).

Pada masa pandemi seperti saat ini, oksigen menjadi salah satu kebutuhan vital bagi rumah sakit dan fasilitas kesehatan. Untuk itu, diperlukan pengawasan yang maksimal terhadap pengoperasian ISO Tank sebagai sarana utama pendistribusian. Haiyani berharap, supervisi membantu proses distribusi jadi lebih cepat, aman, dan berkualitas.

“Supervisi ini diperlukan sebagai upaya memastikan penyediaan dan pendistribusian oksigen berjalan dengan aman dan nyaman,” katanya.

Haiyani menambahkan, supervisi terhadap ISO Tank ini merupakan salah satu implementasi dari konsep Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Tujuannya, untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

“Kami juga meminta perusahaan ataupun instansi yang mengoperasikan ISO Tank ini untuk benar-benar memperhatikan aspek K3. Sehingga tidak ada kendala dalam pemenuhan kebutuhan oksigen saat ini,” ujar Haiyani.[prs]