Jokowi Minta Kemenkes Siapkan Peta Jalan Jika Virus Covid Tetap Ada Selama Bertahun-tahun

  • Bagikan
hadir
Presiden Joko Widodo/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo memberikan arahan agar pihaknya menyiapkan peta jalan atau road map jika Virus Corona tak juga hilang dalam waktu lama.

Menurutnya, arahan ini diberikan karena melihat kemungkinan Covid-19 hilang dari Indonesia membutuhkan waktu yang lama alias hingga beberapa tahun mendatang.

“Bapak Presiden memberikan arahan bahwa ke depannya mungkin besar bahwa virus ini akan hidup cukup lama bersama kita. Jadi arahan Presiden, kita harus punya road map, bagaimana ke depan kalau memang virus ini hilangnya membutuhkan waktu sampai tahunan,” ujar Budi dalam konferensi pers yang berlangsung secara daring, Senin (9/8/2021).

“Bagaimana prokes yang kita miliki bisa jaga kita untuk tetap normal menjalankan aktivitas ekonomi,” lanjutnya.

Berangkat dari itu, pihaknya akan segera membuat proyek percontohan atau pilot project yang mengatur secara digital penerapan prokes di enam aktivitas utama, yaitu perdagangan, kantor dan kawasan industri, transportasi, pariwisata, keagamaan, serta pendidikan.

“Pertama perdagangan itu bisa modern seperti mal atau department store atau perdagangan tradisional seperti pasar dan toko kelontong, kedua kantor dan kawasan industri,” ujar dia.

“Ketiga transportasi baik darat, laut, udara, keempat pariwisata [seperti] hotel, restoran, atau event, kelima keagamaan, [serta] keenam pendidikan,” lanjut Budi.

Budi melanjutkan, pihaknya mendapatkan arahan untuk memastikan prokes yang akan mendampingi kehidupan masyarakat ke depan bisa praktis, digital, berbasis informasi teknologi, dan mengamankan kehidupan masyarakat sehari-hari.

“Arahan beliau (Jokowi) agar dipastikan agar prokes yang nantinya akan mendampingi kehidupan kita ke depan bisa praktis, bisa juga digital atau berbasis it, dan juga bisa mengamankan kehidupan kita sehari-hari,” ujar dia.

Berangkat dari itu, menurutnya, Jokowi telah memutuskan bahwa aplikasi PeduliLindungi akan menjadi dasar dari penerapan prokes nantinya. Budi berkata, penerapan prokes dengan dasar aplikasi PeduliLindungi ini pun akan dimulai oleh pihaknya pekan depan di sejumlah mal.

“Sudah diputuskan oleh Presiden nantinya akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai dasar dan rencananya mulai minggu depan akan mulai di beberapa mal bekerja sama dengan beberapa asosiasi mal Indonesia,” tuturnya.[prs]

  • Bagikan