Connect with us

Kesehatan

Jangan Dilarang, Ini Manfaat Bermain Sepak Bola bagi Anak

Diterbitkan

Pada

ilustrasi (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ada beragam manfaat bermain sepak bola bagi anak yang perlu orang tua ketahui. Mulai dari meningkatkan kebugaran, mendukung kekuatan otot dan tulang, serta menyehatkan jantungnya. Mari simak ulasannya, Bun.

Bunda mungkin suka kesal, ya, jika anak pulang dengan baju dan sepatu yang kotor sehabis main sepak bola? Rasanya ingin langsung memarahi dan melarangnya saja. Eh, tapi, tahan dulu, Bun. Walau buah hati tampak dekil dan beraroma tidak sedap karena kena panas matahari, bermain sepak bola dapat memberikannya banyak keuntungan, kok.

5 Manfaat Bermain Sepak Bola bagi Anak
Sepak bola adalah olahraga yang melibatkan tim, menggunakan bola sepak, dan biasanya dilakukan di luar ruangan, yakni lapangan terbuka. Umumnya olahraga jenis ini sangat digemari oleh anak laki-laki, tetapi sebagian anak perempuan pun juga menyukainya, Bun.

Sama dengan olahraga jenis lainnya, sepak bola menyimpan segudang manfaat kesehatan bagi buah hati, antara lain:

1. Meningkatkan kebugaran
Bermain sepak bola mengharuskan anak berlari ke sana-sini untuk mengejar bola di lapangan. Aktivitas ini tentunya bisa membakar kalorinya dan menyebabkannya berkeringat.

Hal tersebut sangat baik untuk kesehatannya, karena bisa membuat tubuhnya menjadi lebih bugar. Dengan rutin berolahraga, daya tahan tubuh anak pun akan meningkat. Sehingga, ia bisa terhindar dari beragam jenis penyakit, seperti flu dan COVID-19.

2. Mendukung kesehatan jantung
Selama bermain sepak bola, tubuh anak akan terus bergerak. Aktivitas fisik ini menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan membuat anak bernapas lebih sering. Olahraga jenis ini mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengirimkan oksigen ke semua sel tubuh, sehingga sangat baik untuk mendukung kesehatan jantung dan menurunkan risiko gangguan jantung pada anak, Bun.

3. Mengontrol kenaikan berat badan
Meningkatnya berat badan tanpa terkendali dengan baik bisa menyebabkan anak mengalami obesitas. Kondisi ini tidak baik untuk kesehatannya, karena bisa meningkatkan risiko ia mengalami penyakit berbahaya, antara lain kolesterol tinggi, diabetes, tekanan darah tinggi, dan timbulnya gangguan bernapas, seperti asma. Nah, olahraga seperti bermain sepak bola dipercaya bisa membantu mengontrol kenaikan berat badan anak, Bun.

4. Mendukung kekuatan otot dan tulang
Karena membuat anak terus bergerak, berlari, dan menendang, olahraga sepak bola dapat mendukung kekuatan otot dan tulang anak. Selain itu, olahraga ini biasanya dilakukan di lapangan terbuka dan membuat anak terpapar sinar matahari.

Sinar matahari sangat baik dalam meningkatkan asupan vitamin D pada tubuh, Bun. Kehadiran vitamin ini dibutuhkan untuk menyerap kalsium, agar tulang anak sehat dan kuat. Dengan memiliki otot dan tulang yang sehat, maka anak terlindungi dari gangguan tulang, seperti osteoporosis di kemudian hari, serta bisa bebas beraktivitas setiap hari.

5. Mengembangkan kepribadian anak
Dengan bermain sepak bola, anak-anak tidak hanya sekadar berlari-lari saja, tetapi ia juga mempelajari bagaimana cara berkomunikasi dan bekerja sama yang baik antar anggota tim. Di momen ini, ia pun belajar tentang cara menjalin pertemanan, baik dengan sesama anggota atau tim lawan.

Hal ini sangat baik untuk mengembangkan keterampilan sosial dan kepribadiannya, Bun. Selain itu, melalui olahraga ini, anak pun bisa belajar tentang kepemimpinan dan rasa empati.

Berdasarkan informasi di atas, manfaat bermain sepak bola bagi anak ada banyak. Jadi, mulai sekarang Bunda tidak perlu melarang atau memarahi anak, ketika ia ingin bermain sepak bola, ya.

Namun, mengingat sepak bola biasanya melibatkan banyak orang, ada baiknya anak melakukan olahraga ini hanya bersama Bunda, Ayah, anggota keluarga lainnya, atau pengasuh saja, agar kesehatannya terjamin dan terbebas dari penularan virus Corona.

Selain itu, jika anak ingin bermain sepak bola di lapangan terbuka atau di halaman dekat rumah, ada baiknya bila Bunda memakaikan tabir surya pada kulit anak sebelum ia berolahraga. Karena terlalu banyak paparan sinar matahari justru bisa menimbulkan kerusakan kulit.

Selain sepak bola, masih banyak pilihan olahraga lainnya yang bisa dilakukan oleh anak. Bunda dapat menanyakan jenis olahraga apa yang tepat untuk menunjang kesehatan anak sesuai usianya ke dokter melalui chat aplikasi Alodokter. (*)

 

 

sumber: alodokter

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kesehatan

Dubes AS Kunjungi Lokasi Vaksinasi Suntikan Pfizer di Jakarta

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Kesehatan

Cegah Gelombang Ketiga COVID-19, Ahli Epidemiologi Apresiasi Langkah Responsif Pemerintah

Diterbitkan

Pada

Penulis

Ahli Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Iwan Ariawan (ist/net)
Baca Berita

Daerah

Di Kota Kupang, Pasien COVID-19 Tersisa 174 Orang

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita
Loading...