HUT RI Ke 76, TNI AU Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa Pakai Helikopter

Realitarakyat.com – TNI Angkatan Udara (AU) ikut memeriahkan peringatan HUT ke-76 Indonesia di Istana Negara, Selasa (17/8/2021). Dalam peringatan ini TNI AU mengerahkan enam helikopter.

Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyampaikan, enam helikopter akan mengibarkan bendera Merah Putih berukuran 20×30 meter. Helikopter, kata dia akan terbang di atas Istana.

“Pengibaran bendera raksasa ukuran 20×30 meter merupakan momen bersejarah karena untuk pertama kalinya bendera raksasa yang berwarna Merah-Putih dikibarkan oleh pesawat helikopter TNI AU,” ujar Indan dalam keterangannya dikutip Selasa (17/8/2021).

Misi helikopter diberi nama Nusantara Flight yang dipimpin oleh Letkol Pnb Akhmad Mauludin. Keenam helikopter itu akan mengibarkan bendera Merah-Putih pada ketinggian 1.000 kaki dengan metode Sling Load Operation.

Helikopter itu terdiri dari satu unit helikopter jenis EC-725 Caracal dari Skadron Udara 8 dan tiga helikopter NAS-332 Super Puma dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja serta dua helikopter NAS-332 L1 Super Puma dari Skadron Udara 45 Lanud Halim Perdanakusuma.

“Diharapkan membangkitkan jiwa nasionalisme dan semangat juang seluruh komponen bangsa dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sedang melanda bangsa Indonesia,” katanya.(ilm)