Genjot Program Vaksinasi Merdeka, Polda Metro Libatkan Ibu-ibu Jumantik

Realitarakyat.com – Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyatakan untuk menggenjot program vaksinasi merdeka, pihaknya turut melibatkan ibu-ibu hingga jumantik (juru pemantau jentik) untuk menggencarkan pemberian vaksin Covid-19 bagi warga Jakarta.

Sebab, menurut Fadil, merekalah yang paling tahu siapa saja warga di wilayahnya yang masih belum mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

“Pasukannya ada ibu-ibu dasawisma, ada bu mantik. Ada kader lain seperti karang taruna, remaja masjid, SKDM, Posyandu dan tokoh masyarakat lokal yang mengetahui warganya secara detail rumah per rumah, orang per orang,” kata Fadil kepada wartawan, Selasa (10/8/2021).

Fadil bahkan meminta kepada para jumantik untuk menjemput langsung warga di wilayahnya yang belum menjalani vaksinasi.

“Kalau enggak mau datang, langsung dijemput sama ibu-ibu mantik, didorong-dorong supaya datang,” ucap Fadil.

Vaksinasi merdeka adalah program Polda Metro Jaya untuk mendorong warga Jakarta agar segera mendapat suntikan vaksinCovid-19. Targetnya, seluruh warga DKI Jakarta bisa menerima vaksin Covid-19 paling lambat 17 Agustus agar menjadi kado kemerdekaan RI.

Sejauh ini, Fadil mengklaim warga ibu kota RI itu terbilang antusias dengan program vaksinasi merdeka. Fadil pun berharap antusiasme warga Jakarta ini dapat menjadi contoh untuk daerah lainnya.

“Dari Jakarta kita memberi contoh kerukunan, keguyuban, kegotong-royongan. Warga Jakarta walaupun orang ibu kota tapi sifat dasarnya orang Indonesia tetap mereka pegang teguh,” ucap Fadil.

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta menaikkan target vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta dari yang sebelumnya 8,8 juta menjadi 11 juta orang.

Sebagai upaya untuk mencapai target, Pemprov DKI pun memperluas jam pelayanan vaksinasi Covid-19 dari sore hingga malam hari.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, perluasan itu dilakukan untuk mengakomodasi masyarakat yang tidak bisa meninggalkan kegiatannya pada pagi hingga siang hari.

“Apresiasi atas terobosan dari Kecamatan Setiabudi yang mulai melaksanakan vaksinasi pada sore-malam hari, berkolaborasi dengan berbagai pihak. Vaksinasi malam ini untuk mengakomodasi warga yang tidak bisa meninggalkan kegiatan/pekerjaannya pada pagi-siang hari,” kata Anies dalam akun instagram-nya, Selasa (10/8).[prs]