Gasak Spanyol, Brasil Amankan Medali Emas Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020

  • Bagikan
Gasak Spanyol, Brasil Amankan Medali Emas Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Brasil memastikan medali emas Olimpiade Tokyo 2020 usai menaklukkan Spanyol 2-1 pada laga final di Stadion Internasional Yokohama, Sabtu (7/8/2021).

Spanyol memulai laga dengan percaya pada 10 menit awal dan membuat Brasil sulit keluar dari tekanan.

Tim Matador memulai laga dengan percaya di diri di 10 menit awal. Serangan yang dilakukan Pedri dkk membuat Brasil sulit keluar dari tekanan.

Brasil perlahan mampu keluar dari tekanan dan mulai memberikan perlawanan sengit. Selecao bahkan nyaris unggul di menit ke-38 lewat eksekusi penalti Richarlison.

Sayang, tembakan striker Everton tersebut masih melambung di atas mistar gawang Unai Simon.

Tim Samba akhirnya berhasil mencetak gol pada masa injury time babak pertama. Umpan silang Dani Alves berhasil dikuasai Matheus Cunha di kotak penalti dan tanpa ampun menembak bola ke sisi kanan gawang Spanyol.

Skor 1-0 untuk keunggulan Brasil bertahan hingga jeda pertandingan.

Memasuki babak kedua, Brasil nyaris memperlebar keunggulan pada menit ke-51 lewat aksi Richarlison. sang bomber sudah berhasil mengecoh satu pemain belakang sebelum melepaskan tembakan kaki kiri. Namun, mampu diblok Unai Simon sehingga bola hanya membentur mistar.

Spanyol tak mau menyerah begitu saja. Serangan apik dari sisi kanan berhasil membuat pertahanan Brasil tercengang.

Umpan silang Carlos Soler dari sisi kanan berhasil disambar sepakan keras Mikel Oyarzabal. Tendangan voli tersebut tak mampu dibendung Aderbar Santos.

Kedua tim mencoba untuk mencetak gol guna memastikan kemenangan di waktu normal. Namun, tak ada gol yang tercipta sehingga laga terpaksa dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Kedua tim saling jual beli serangan, namun gol Malcolm pada menit ke-108 di masa perpanjangan waktu babak kedua menjadi pembeda. Sepakan kaki kirinya tak mampu diblok sempurna oleh Unay Simon.

Spanyol mencoba untuk mengejar ketinggalan lewat serangan bertubi-tubi di menit akhir. Namun, tak ada gol yang bisa dikonversi hingga laga usai.

Dengan demikian, medali emas berhak dibawa pulang Brasil. Sementara Spanyol harus puas memperoleh medali perak.[prs]

  • Bagikan