Connect with us

Olahraga

Gasak Pantai Gading 5-2, Spanyol Lolos ke Semifinal Sepak Bola Olimpiade Tokyo

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Spanyol berhasil mengatasi perlawanan sengit Pantai Gading dan melaju ke semifinal sepak bola Olimpiade Tokyo 2020.

Bermain hingga babak tambahan, La Roja menang 5-2 atas Pantai Gading dalam pertandingan perempat final di Miyagi stadium pada Sabtu, demikian catatan laman resmi Olympics.com.

Spanyol menurunkan pemain-pemain terbaik mereka, diantaranya Dani Olmo, Marco Asensio dan Mikel Oyarzabal di lini serang.

Pada awal pertandingan, Pantai Gading bermain agresif dan menekan Spanyol. Mereka mampu memberikan acanaman pada menit kedelapan melalui sepakan Eboue Kouassi.

Namun, kiper Spanyol Unai Simon mampu menepis bola dan menghasilkan sepak pojok.

Pantai Gading mampu mencetak gol setelah memanfaatkan sepak pojok itu. Sundulan Eric Bailly setelah menerima umpan korner Max-Alain Gradel sukses mengoyak gawang Spanyol. Skor menjadi 1-0.

Setelah tertinggal, Spanyol langsung balik menekan untuk menyamakan kedudukan. Namun, sejumlah upaya dari Olmo, Asensio dan Oyarzabal mampu mentahkan lini belakang Pantai Gading.

Spanyol akhirnya bisa menyamakan skor pada menit ke-30 melalui tendangan keras Dani Olmo ke pojok gawang setelah menerima umpan dari Oyarzabal. Kedudukan menjadi 1-1.

Gol tersebut memacu semangat Spanyol untuk menyerang pertahanan Pantai Gading.

Upaya tersebut membuahkan hasil setelah tembakan depan gawang Oyarzabal menjebol gawang Pantai Gading kawalan Ira pada menit ke-43.

Namun, gol tersebut dianulir wasit setelah tayangan VAR memperlihatkan bahwa Oyarzabal sudah terlebih dahulu dalam posisi offside saat menerima umpan dari Miranda.

Setelah bermain imbang 1-1 hingga babak pertama usai, Spanyol masih menguasai pertandingan di babak kedua.

Mereka mendapatkan peluang terbaik pada menit ke-55 lewat Asensio yang melepaskan sepakan keras, tetapi bola menghantam tiang.

Pantai Gading juga punya peluang Christian Kouame pada menit ke-72, tetapi Unai Simon masih bisa menepisnya.

Pertandingan memanas di 10 menit terakhir babak kedua karena kedua tim saling bertukar serangan.

Pantai Gading hampir lolos ke semifinal saat Max Gredel menjebol gawang Unai Simon pada menit ke-90.

Berawal dari tusukan Gredel dari sisi kiri, dia kemudian melepaskan tembakan hingga membentur kaki Jesus Vallejo sebelum masuk lewat sela tangan Unai Simon. Skor menjadi 2-1 untuk Pantai Gading.

Spanyol mampu menyamakan skor 2-2 pada menit ke-93 saat Rafa Mir memasukan bola ke gawang Pantai Gading setelah memanfaatkan kesalahan pemain belakang menghalau bola umpan silang. Laga akhirnya dilanjutkan ke babak extra time.

Pada menit ke-97, Spanyol akhirnya bisa unggul saat Eric Bailly melakukan handball di kotak terlarang.

Wasit, dengan bantuan VAR, memutuskan untuk memberikan Spanyol hadiah penalti. Oyarzabal, yang maju sebagai eksekutor, mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan membuat timnya unggul 3-2.

Masuknya Rafa Mir membuat serangan Spanyol lebih tajam.

Spanyol mampu menambah keunggulan menjadi 4-2 pada menit ke-117 ketika tendangan Rafa Mir ke tiang jauh tidak bisa dihentikan kiper lawan.

Mir kemudian mencetak trigol di menit akhir laga usai menyambar umpan tarik Oyarzabal dari sisi kanan dalam sebuah serangan balik.

Timnas Spanyol melaju ke semifinal Olimpiade Tokyo 2020 dengan kemenangan 5-2.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Olahraga

PSSI Yakin Timnas Lolos ke Group AFF 2020

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Olahraga

Dalam Waktu Dekat Marco Asensio akan Bahas Nasibnya di Real Madrid

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

DPR

Komisi X: Belum Ada Regulasi Atur Kesejahteraan Atlet

Diterbitkan

Pada

Penulis

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda (ist/net)
Baca Berita
Loading...