Erick Thohir Sebut 5 BUMN Disetujui Dapat PMN 2022

  • Bagikan
pemuda
Menteri BUMN Erick Thohir (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ada lima BUMN yang sudah disetujui Kementerian Keuangan untuk diberikan Penyertaan Modal Negara (PMN) 2022. Total ada 12 BUMN yang diusulkan mendapat PMN.

“Adapun untuk PMN tahun 2022, dari pertemuan kami dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), yang baru disetujui adalah lima BUMN yakni Perumnas, PLN, Hutama Karya, Waskita Karya dan Adhi Karya,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir di kompleks Parlemen, Senayan, Senin (30/8/2021).

Nilainya sendiri seperti usulan terakhir yang diberikan kepada Kemenkeu yang waktu itu sudah dibahas di Komisi VI DPR RI yaitu Hutama Karya Rp23 triliun, Waskita Karya Rp3 triliun, PLN Rp3 triliun, Perumnas Rp1,57 triliun dan Adhi Karya Rp2 triliun.

Kelima BUMN tersebut oleh Kemenkeu dimasukkan ke dalam klaster infrastruktur, di mana dalam Kemenkeu ada empat klaster maka lima BUMN itu dimasukkan ke dalam klaster infrastruktur.

Untuk BUMN-BUMN lainnya, kata Erick, Kementerian BUMN masih menunggu konfirmasi dari Kemenkeu. Sebelumnya Erick Thohir mengusulkan anggaran PMN pada 2022 untuk 12 BUMN senilai total Rp72,44 triliun kepada DPR.

Di samping itu Erick juga mengajukan PMN Non Tunai sebesar Rp2,6 triliun bagi klaster pangan dan Rp809 miliar bagi klaster industri pertahanan kepada Komisi VI DPR RI.[prs]

  • Bagikan