Connect with us

Metropolitan

Dorong Budaya Baca Saat Pandemi, Pemprov DKI Luncurkan Program IKRA

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan program Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) Triwulan III periode Juli-September 2021 untuk mendorong budaya baca saat pandemi Covid-19 ketika anak-anak diharuskan belajar dari rumah untuk meminimalkan keterpaparan virus.

“Kendati demikian, budaya gemar membaca pada anak tetap perlu ditingkatkan. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta kembali mengadakan program ini,” kata Kepala Dispusip DKI Jakarta Wahyu Haryadi dalam keterangannya, Minggu (1/8/2021).

Wahyu mengatakan program ini hadir sebagai bentuk menjaga akses dan minat baca masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang aktivitasnya di luar ruang masih dibatasi.

Program ini akan diselenggarakan di 25 Kelurahan di seluruh kota/kabupaten di Provinsi DKI Jakarta. Ia menuturkan, budaya gemar membaca dimulai dari unit terkecil, yakni keluarga.

Pada pelaksanaannya, peserta IKRA akan dipinjamkan koleksi buku yang didistribusikan oleh Dispusip Provinsi DKI Jakarta melalui Kader PKK masing-masing kelurahan, untuk kemudian dibaca dan diringkas isinya oleh anak dengan didampingi orang tua.

“Ringkasan dan dokumentasi kegiatan akan dipublikasikan ke media sosial, baik dalam bentuk foto maupun video,” ujarnya.

Wahyu menambahkan, rangkaian kegiatan ini dirancang untuk melatih kebiasaan membaca, bercerita, menulis dan kreativitas pada anak.

Di akhir penyelenggaraan, peserta terpilih pada masing-masing kelurahan akan mendapat sertifikat dari Dispusip Provinsi DKI Jakarta.

Harapannya dengan menghadirkan bacaan di tengah keluarga akan menambah pengetahuan dan menghasilkan ide atau karya dari masyarakat di masa mendatang. “Kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan kepada Kota Jakarta sebagai kota literasi dan berbudaya baca,” katanya.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Metropolitan

Warga DKI Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrem di Jakarta

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Kesehatan

Terkendala Izin Orang Tua, Dinkes DKI: Vaksinasi Remaja Sisa 15%

Diterbitkan

Pada

Penulis

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta, Dwi Oktavia (ist/net)
Baca Berita

Metropolitan

BMKG: Waspadai Hujan Petir dan Angin Kencang di Wilayah Jabodetabek

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita
Loading...