DKI Tambah Target Vaksinasi Jadi 11 Juta Orang

  • Bagikan
DKI Tambah Target Vaksinasi Jadi 11 Juta Orang
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambah target vaksinasi Covid-19 dari semula 8,8 juta menjadi 11 juta orang.

“Dari target 8,8 juta, kami menambah target menjadi 11 juta agar bisa memastikan seluruh warga Jakarta mendapatkan vaksin,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kepada wartawan, Selasa (10/8/2021).

Target tersebut, menurut Riza, tak lepas dari kemampuan vaksinasi yang bisa dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta. Saat ini Pemprov DKI rata-rata dapat menyuntik 100 ribu orang per hari.

Dengan angka itu, Riza memperkirakan target 11 juta warga Jakarta divaksin dapat rampung kira-kira September atau Oktober.

Namun demikian, dia menyebut hal tersebut juga tergantung dengan keberadaan serta distribusi vaksin yang diterima DKI Jakarta.

“Mudah-mudahan vaksinnya siap sehingga kita bisa mempercepat pelaksanaan vaksin untuk mencapai target 11 juta di bulan September,” ucapnya.

Riza mengajak masyarakat untuk mendatangi sentra vaksin yang telah disediakan. Berdasarkan data, ia menyebut 40 persen penerima vaksin merupakan warga ber-KTP luar Jakarta.

“Bagi seluruh warga Jakarta yang belum mendapatkan segera datangi sentra-sentra pelaksanaan vaksin dan tempat-tempat kegiatan vaksin di manapun berada,” katanya.

Sementara itu, merujuk unggahan di akun instagram Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, dijelaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta beberapa waktu belakangan mendapatkan alokasi vaksin AstraZeneca sebanyak 1 juta dosis.

Oleh karenanya, mulai 10 Agustus, seluruh fasilitas pelayanan vaksinasi akan menggunakan vaksin tersebut untuk dosis pertama. Untuk sentra vaksin yang sudah berjalan sebelum tanggal tersebut, penggunaan vaksin akan menyesuaikan.

Dalam unggahan itu, dijelaskan vaksin AstraZeneca hanya diberikan bagi masyarakat dengan kriteria berusia 18 tahun ke atas dengan interval 12 minggu.

“Untuk ibu hamil mulai trimester kedua kehamilan dan anak usia 12-17 tahun tetap menggunakan vaksin Sinovac,” dikutip dari unggahan itu.

Berdasarkan laporan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dosis pertama vaksin Covid-19 saat ini telah disuntikkan kepada 8.507.635 orang, sedangkan untuk dosis kedua kini mencapai 3.532.646 orang.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mendapat instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk memberikan vaksin kepada 7,5 juta orang pada akhir Agustus 2021. Pada 31 Juli 2021, Gubernur Anies Baswedan mengumumkan bahwa target itu sudah tercapai.[prs]

  • Bagikan