Ditinggal Rossi yang Pensiun, Petronas Bakal Pamit dari MotoGP 2022

  • Bagikan
Ditinggal Rossi yang Pensiun, Petronas Bakal Pamit dari MotoGP 2022
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Petronas Yamaha SRT mundur dari MotoGP 2022 mengikuti jejak sang pembalap Valentino Rossi yang memutuskan pensiun.

Sepang Racing Team memulai debut grand prix pada 2015 di kelas Moto3 sebelum ekspansi ke Moto2. Pada 2019, Petronas naik kelas ke MotoGP sebagai tim satelit Yamaha.

Tim asal Malaysia tersebut sebenarnya tampil sebagai kejutan menyusul prestasi gemilang Fabio Quartararo di Moto2. Mereka juga membuat kejutan lain dengan mendatangkan juara dunia Moto2 2017 Franco Morbidelli.

Duet Quartararo dan Morbidelli tampil cukup mejanjikan di musim 2020. Petronas berhasil memenangi enam seri balapan di musim 2020 di mana Morbidelli finis sebagai runner up di bawah Joan Mir dari Suzuki.

Musim ini, Petronas diperkuat legenda MotoGP Valentino Rossi dan Morbidelli. Namun, tim asal Negeri Jiran tersebut memilih mundur usai ditinggal para pembalap.

Rossi sendiri sudah mengumumkan bakal pensiun di akhir musim ini sementara Morbidelli musim depan bergabung dengan Monster Energy Yamaha.

Morbidelli bakal promosi ke Mosnter Energy mengikuti jejak Quartararo yang lebih dulu hijrah. Seperti dilaporkan Motorsport, SRT memilih mundur usai kehilangan dua pembalap terbaiknya.

Petronas SRT sebelumnya membidik rookie Moto2 Raul Fernandez dan anak didik Rossi Marco Bezzecchi. Namun, kedua pembalap sudah lebih dulu diikat tim lain.

Fernandez lebih dulu dikontrak KTM selama dua tahun ke depan sementara Bezzecchi kemungkinan besar mentas di MotoGP 2022 bersama tim VR46 Ducati. Nantinya Fernandez akan berduet dengan Luca Marini.

Selain mundur dari MotoGP, Petronas dikabarkan akan berpisah dengan SRT sekaligus membatalkan tim Moto2 dan Moto3.[prs]

  • Bagikan