Connect with us

Daerah

Cegah Kejahatan di Perarian, Polda NTT Butuh Kapal Patroli yang Memadai

Diterbitkan

Pada

ilustrasi (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Kapolda NTT) Irjen Pol Lotharia Latif mengatakan saat ini Polda NTT belum mempunyai fasilitas yang memadai untuk berpatroli di wilayah perairan NTT guna mencegah berbagai tindakan kejahatan.

“Dengan kondisi geografis perairan NTT yang sangat luas ini, fasilitas yang kami miliki sangat tidak mencukupi,” kata Irjen Lotharia Latif, di Kupang, Selasa (17/8/2021), berkaitan dengan upaya dari Polda NTT dalam melakukan pengamanan wilayah perairan NTT dari berbagai aktivitas perbuatan melanggar hukum, seperti bom ikan, mencuri ikan dengan alat tangkap tak ramah lingkungan, dan lainnya.

Kapolda NTT itu mengatakan bahwa saat ini pihaknya fokus untuk wilayah kerja Kupang dan Labuan Bajo yang masuk sebagai lokasi wisata super premium.

“Tetapi kami juga sudah mengajukan agar bisa ditambah lagi fasilitas kapal patrolinya, serta fasilitas yang dapat membantu masyarakat di wilayah kepulauan,” ujar dia.

Selama ini, ujar dia lagi, pelaksanaan patroli laut tidak hanya anggota Polri, tetapi juga melibatkan TNI AL yang juga punya kewenangan menjaga perairan laut di wilayah NTT ini.

Patroli yang dilakukan berupa patroli pencegahan serta penegakan hukum, seperti kasus-kasus pengeboman ikan, perusakan terumbu karang, khususnya di daerah perairan NTT.

Tak hanya itu, pelaksanaan patroli tidak hanya dalam hal penindakan, tetapi juga pelaksanaan patroli dilakukan dengan menyambangi masyarakat-masyarakat pesisir pantai.

Dalam sambang nusa itu, aparat kepolisian memberikan sosialisasi soal bahaya perusakan habitat laut dan juga memberikan bantuan bingkisan yang bertujuan agar masyarakat menjadi mitra dari Polri dalam menjaga laut.

Tak hanya itu, sambang nusa juga dilakukan untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai cinta Tanah Air para nelayan kepada NKRI dan mengisi kemerdekaan dengan cara tetap menjaga laut.

Saat ini, Polda NTT memiliki 20-an kapal patroli, namun kapal yang ada disebar ke sejumlah daerah di NTT. Jenis kapal patrolinya adalah berupa kapal C1 dan C2 yang daya jelajahnya tidak jauh. (ant/ndi)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Mahasiswa dan PMP Paluta unjuk Rasa, tutup galian C ilegal

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Daerah

Sukseskan Operasi Patuh Toba 2021, Sat Lantas Polres Tanjungbalai Tingkatkan Sosialisasi Prokes

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Daerah

Walikota Singkawang Dukung Kegiatan Operasi Patuh Kapuas 2021, Tjai Chui Mie : Semoga Masyarakat Mematuhi UU Lalin dan Prokes

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita
Loading...