Connect with us

Metropolitan

Anies Targetkan Jakarta International Stadium Diresmikan Desember Tahun Ini

Diterbitkan

Pada

Pembangunan Jakarta Internasional Stadium/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Nomor 49 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022. Dalam Ingub itu, Anies menargetkan Jakarta Internasional Stadium (JIS) diresmikan pada Desember 2021.

Ingub itu diteken Anies pada Rabu, 4 Agustus lalu dan ditujukan kepada Sekretaris Daerah atau Sekda DKI yang saat ini dijabat Marullah Matali. Selain soal JIS, Ingub itu juga berisi persoalan lainnya seperti Formula E, Banjir, hingga persampahan.

“Isu; stadion, target keluaran; diresmikannya stadion JIS, target waktu; Desember 2021,” dikutip dari lampiran Ingub, Senin (9/8/2021).

Anies juga menargetkan infrastruktur pendukung terkait aktivasi Kawasan JIS. Pertama, terbangunnya penambahan stasiun KAI baru di sisi barat dan timur JIS, pada Juni 2022.

Kedua, terselesaikannya izin rute penambahan rute baru KCI Jatinegara-Rajawali-Ancol-Priok, pada Oktober 2021 dan ketiga, terbangunnya pemberian akses ramp tol ke area Jakarta International Stadium, pada Juni 2022.

Dalam Ingub, Anies menginstruksikan Sekda DKI untuk memimpin dan mengendalikan Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022 dan memberdayakan seluruh Asisten beserta Perangkat Daerah Provinsi DKI Jakarta serta BUMD dan potensi daerah lainnya.

“Melaporkan ketercapaian Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022 sebagaimana dimaksud dalam diktum KESATU kepada Gubernur setiap 2 minggu,” dikutip dari Ingub.

Dalam sebuah webinar pada 9 Juli lalu, Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto, menilai JIS akan sejajar dengan kemegahan dan kecanggihan Stadion Santiago Bernabeu yang menjadi kandang klub raksasa Spanyol, Real Madrid. Heru menilai itu berdasarkan desain yang menunjukkan bahwa struktur buka-tutup atap JIS mirip dengan Stadion Santiago Bernabeu.

Heru menilai pemasangan atap JIS merupakan karya monumental teknik sipil Indonesia. Pasalnya, belum terjadi di Benua Asia pemasangan rangka atap stadion seberat 3.900 ton dengan teknik lifting.

Teknik lifting yang diterapkan untuk JIS adalah rangka atap dirangkai di bawah hingga rampung lantas diangkat secara bersamaan. Hal ini bukan pekerjaan mudah, sebab berat rangka atap tersebut hampir mencapai 4.000 ton.

Sedangkan pemasangan atap Stadion Santiago Bernabeu sedikit berbeda. Konstruksi dilakukan di bawah tetapi kemudian dipasang secara bertahap ke atas. Berat rangka atap Bernabeu hanya ditaksir 700 ton.

JIS dicanangkan berkapasitas 82.000 tempat duduk. Ini lebih banyak dari Stadion Santiago Bernabeu yang setelah direnovasi akan berkapasitas 80.242 tempat duduk.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Metropolitan

Saat Pandemi Belum Usai, Pemprov DKI Gelar JF3 2021

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Metropolitan

Sebanyak 45 Anak Yatim Piatu Diberi Beasiswa oleh Pemprov DKI

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Metropolitan

Warga DKI Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrem di Jakarta

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita
Loading...