Connect with us

Politik

Airlangga Sebut Golkar Komitmen Perkuat Kualitas Demokrasi Indonesia

Diterbitkan

Pada

Ketua Golkar Airlangga Hartarto/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan pihaknya berkomitmen memperkuat kualitas demokrasi di Indonesia demi menjaga keutuhan bangsa.

Penguatan kualitas demokrasi itu ditunjukkan salah satunya lewat berbagai kebijakan dan program-program partai yang terbuka dan responsif, kata Airlangga saat membacakan pidato kebangsaannya bertajuk “Demokrasi, Kebangsaan, dan Kesejahteraan” jelang HUT CSIS Indonesia ke-50 di Jakarta, Selasa (10/8/2021).

“Partai Golkar sebagai salah satu partai politik yang menjadi pilar demokrasi di negara kita selalu berkomitmen untuk menjaga dan mempertahankan demokrasi di negara yang kita cintai. Dengan berdemokrasi, kita dapat mengelola keragaman kehendak, keinginan dan aspirasi masyarakat Indonesia yang majemuk dan plural,” terang Airlangga.

Dalam kesempatan yang sama, Airlangga menyebut demokrasi hanya akan lebih berkualitas jika ada penguatan budaya politik dan penghormatan pada kebebasan sipil.

“Kita mengalami penurunan dalam hal budaya politik (political culture) dan kebebasan sipil (civil liberties). Budaya politik sangat penting untuk menopang bagi tumbuhnya demokrasi kita agar lebih berkualitas. Masih ada dalam penilaian masyarakat kita yang kurang percaya dan bahkan tidak percaya terhadap efektivitas sistem demokrasi,” terang Airlangga.

Oleh karena itu, ia berpendapat pendidikan politik secara mendalam harus terus menerus dikembangkan, mulai dari tingkat elite hingga ke kalangan akar rumput.

Sementara, itu, upaya merawat kebebasan sipil dapat dilakukan melalui penghormatan kepada kemajemukan, toleransi dalam kehidupan beragama, dan penghargaan terhadap HAM, kata Ketua Umum Partai Golkar.

Terkait itu, Airlangga menyampaikan kader-kader Partai Golkar telah menerima berbagai pendidikan terkait politik, kebangsaan, dan pemerintahan.

“Peningkatan kualitas kader partai ini salah satunya dengan menyelenggarakan pendidikan politik dengan materi tentang kepemimpinan, geopolitik, sistem politik dan pemerintahan; kebijakan publik yang meliputi perumusan kebijakan publik, sistem pengganggaran hingga evidence based policy; pendidikan anti korupsi serta kemampuan komunikasi publik,” sebut Airlangga.

Pihak partai juga telah membentuk Golkar Institute sebagai lembaga pendidikan internal bagi para kader. Di Golkar Institute, kader-kader partai menerima tambahan wawasan bidang ekonomi, politik, dan kepemimpinan, sebut Airlangga.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik

Masalah TWK Pegawai KPK, PKS Senayan: Dibawa ke Ranah Hukum Saja

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Politik

GP Ansor Dukung Muktamar NU Digelar Tahun 2021 Ini

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Politik

Hadapi Perang Supremasi di Laut China Selatan, Anis: Indonesia Harus Punya Skenario Sendiri

Diterbitkan

Pada

Penulis

Ketum Gelora Anis Matta/Ist
Baca Berita
Loading...