Vaksin Gotong Royong Diperjualbelikan di Kimia Farma, Saleh PAN: Bukannya Vaksinasi Semestinya Gratis

  • Bagikan
harga
Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kalangan dewan angkat bicara mengenai vaksin Covid-19 gotong royong akan diperjualbelikan di Kimia Farma untuk individu.

Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mempertanyakan kemunculan isu tersebut, Menurutnya, vaksin gotong royong itu tidak diperjualbelikan ke individu.

“Kami baru mendengar hal ini dari media. Kami belum pernah mendengar secara langsung soal rencana penjualan vaksin melalui Kimia Farma. Makanya, kami juga heran. Di group anggota Komisi IX, hal ini sempat diperbincangkan dan dipertanyakan,” kata Saleh dalam keterangannya, Minggu (11/7/2021).

“Selama ini, yang kita dengar bahwa vaksin gotong royong hanya diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki banyak para pekerja. Karena itu, vaksin gotong royong tidak dijual ke individu. Vaksin gotong royong dibiayai oleh perusahaan sebagai perwujudan dari tanggung jawab sosial,” lanjutnya.

Karenanya, wakil rakyat dari daerah pemilihan Sumatra Utara II ini pun mendesak pemerintah memberikan penjelasan terkait kebijakan ini. Pasalnya, dasar dari pelaksanaan vaksinasi adalah gratis. Artinya, setiap orang tidak dipungut biaya untuk divaksin.

“Kalau dijual bebas seperti itu, apa nanti malah tidak akan terjadi komersialisasi? Bukankah vaksinasi itu semestinya gratis? Ini yang saya kira perlu diperjelas” jelas Saleh.

Selain itu, menurutnya, perlu juga dijelaskan soal pelaksanaan vaksinasi dengan mekanisme ini. Siapa yang akan menjadi vaksinatornya? Siapa pula yang akan memonitor mereka yang telah divaksin? Bukankah setiap orang yang divaksin harus terus dievaluasi kondisinya?

“Harus diakui bahwa Kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) masih selalu ada. Itu perlu diawasi dan dimonitor. Nah, apakah mekanisme pembelian vaksin di Kimia Farma ini juga akan dievaluasi dan diawasi? Bagaimana koordinasinya dengan komnas/komda KIPI?” tutup Ketua Fraksi PAN DPR ini.[prs]

  • Bagikan