Usai Viral, Hotel di Jakbar Kena Tegur Buntut Pasien Isoman Jajan Bakso

  • Bagikan
Usai Viral, Hotel di Jakbar Kena Tegur Buntut Pasien Isoman Jajan Bakso
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta melayangkan teguran tertulis ke pengelola suatu hotel di kawasan Jakarta Barat buntut kejadian sejumlah pasien isolasi mandiri kedapatan jajan bakso keliling dari pagar hotel.

Keterangan dari Kasudin Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Barat Dedi Sumardi, setelah peristiwa itu, tim dari Suku Dinas Parekraf melakukan tinjauan dan pengecekan ke hotel tersebut.

Dari hasil konfirmasi, pihak hotel mengakui kebenaran peristiwa itu. Berdasarkan pengakuan pihak hotel, sejumlah pasien itu awalnya melakukan kegiatan olahraga dan berjemur.

“Kejadian tersebut diakui pihak penanggung jawab hotel sebagai kelalaian dalam hal pengawasan terhadap pasien OTG yang tengah melakukan aktivitas di lingkungan hotel,” sebagaimana tertulis dalam keterangan yang diterima Redaksi Realitarakyat.com.

Atas kejadian tersebut, pihak manajemen hotel juga telah dipanggil ke Kantor Suku Dinas Parekraf Jakarta Barat untuk diberikan pembinaan lebih lanjut.

Suku Dinas Parekraf Jakarta Barat telah berkoordinasi dengan Dinas Parekraf DKI Jakarta untuk memberikan surat teguran tertulis kepada pengelola hotel.

Dalam surat teguran tertulis yang ditandatangani oleh Plt Kadisparekraf DKI Jakarta Gumilar Ekalaya. Pengelola hotel disebutkan tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana diatur dalam pasal 18 Pergub Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19.

“Sehubungan dengan hal tersebut, terhadap penyelenggaraan kegiatan usaha saudara, diberikan teguran tertulis. Apabila saudara tidak mengindahkan teguran tertulis tersebut, maka akan dikenakan tindakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” dikutip dari surat teguran.

Informasi pasien isoman hotel makan bakso di pinggir jalan tersebar di media sosial. Dalam foto yang diunggah, terlihat satu pedagang menggunakan gerobak dan beberapa orang yang tengah makan.

Pada foto tersebut terlihat beberapa orang makan di dalam suatu area berpagar, namun lokasinya berada di pinggir jalan.

Foto itu disertai tulisan yang menyatakan bahwa mereka itu merupakan pasien Covid-19 yang tengah makan bakso dari penjual keliling.

“Masalahnya itu abangnya tau gak kalo yang beli pasien Covid semua? Kasian pelanggan selanjutnya yang beli, alat makannya kan bekas pasien Covid-19 dicuci gak pake air ngalir,” dikutip dalam tulisan di foto.

Dalam foto, seorang pengguna Twitter lainnya memberikan komentar bahwa hotel itu berada di kawasan Jakarta Barat.

Belakangan, tukang bakso yang melayani pasien isolasi itu menjalani pemeriksaan swab PCR.(Din)

 

  • Bagikan