Untuk Wujudkan Daya Saing Teknologi, Kolaborasi RMI PBNU – AWS, Cetak Santri Digital

  • Bagikan
Untuk Wujudkan Daya Saing Teknologi, Kolaborasi RMI PBNU - AWS, Cetak Santri Digital
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Dalam rangka mewujudkan daya saing santri dalam bidang teknologi, RMI PBNU sebagai Lembaga Pengurus Besar Nahdlatul Ulama yang menaungi pesantren NU bekerjasama dengan Amazon Web Service (AWS) yakni layanan berbasis Cloud Computing yang disediakan oleh Perusahaan Amazon.com.

Kerjasama ini berbentuk pelatihan bagi 20 Pesantren terpilih dan telah dilatih langsung oleh para ahli dari AWS.

“Program Laptop for Builders kerjasama Amazon Web Services dengan Rabithah Ma’ahid Islamiyah ini akan membekali para santri tentang keterampilan-keterampilan baru yang dibutuhkan pada saat ini, seperti cloud computing dan complex problem solving skil,” jelas Program Manager Laptop for Builders RMI PBNU, Hatim Gazali.

Program ini telah berjalan sejak bulan Desember 2020 dan diikuti total 100 Santri yakni 20 Master Trainer dan 4 Teachers dari masing-masing 20 Pesantren peserta.

Para santri peserta dari program ini difasilitasi masing-masing 1 (satu) laptop sebagai media belajar. Laptop yang diserahkan ke peserta merupakan program Laptop For Builders dari AWS.

Santri yang mengikuti program pelatihan ini telah mengenal dasar-dasar dari teknologi cloud computing, pembuatan website, database, publikasi ilmu-ilmu agama dan kajian melalui website dan dikembangkan dengan pembuatan start up terutama yang berkaitan dengan dunia kepesantrenan.

Seperti yang disampaikan di dalam sambutan Kick Kompetisi Santri 4.0 oleh KH. Abdul Ghaffar Rozin atau Gus Rozin,

“Untuk menghadapi berbagai tantangan pesantren harus melakukan adaptasi dan mengambil berbagai inovasi dalam pengembangan teknologi.”

Guna menjaring inovasi, kreatifitas, dan pemecahan masalah berbasis teknologi, RMI dengan AWS akan mengadakan Kompetisi Santri 4.0 dengan tema “Dari Santri untuk Pesantren dan Umat Islam”.

Melalui kompetisi ini para santri membuat proposal proyek untuk pengembangan pesantren dan umat Islam melalui pemanfaatan teknologi pada Amazon Web Service.

Harapannya dari kompetisi ini santri dapat membuat aplikasi atau sistem yang nantinya berguna bagi dunia Pesantren dan Umat Islam.

“Dengan besarnya potensi santri yang ada, kami harapkan akan muncul lebih banyak lagi jagoan teknologi, digital dan cloud dari Pondok Pesantren. Dan kerjasama strategis dengan RMI yang menaungi lebih dari 23.000 pondok pesantren memungkinkan kita dapat berkontribusi untuk menciptakan talenta masa depan,” harap Gunawan Susanto.

Kick off Kompetisi ini akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 11 Juli 2021 pukul 12.30 melalui Zoom Meeting.

Acara ini akan dihadiri oleh KH. Abdul Ghaffar Rozin selaku Ketua RMI PBNU dan Bapak Gunawan Santoso selaku Country Manager AWS Indonesia dan diikuti oleh seluruh Master Trainers, Teachers dan terbuka untuk santri umum.(ilm)

  • Bagikan