Connect with us

Daerah

Sikap Kajari Ende, Pengaruhi Kinerja Kajati NTT

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kasus dugaan korupsi SPAM di Kabupaten Ende yang dilaporkan PMKRI Cabang Ende sejak tahun 2018 silam, hingga saat ini tidak ada titik terang bahkan tak ada kabar terkait perkembangan laporan yang diterima oleh Kasi Intel Ende, Bangga Praha, S. H.

PMKRI Cabang Ende saat itu melaporkan adanya dugaan tindak pidana korupsi pada enam (6) paket proyek pekerjaan SPAM dengan nilai Rp. 36 miliar. Anehnya, cuman satu kasus yang dilakukan penyelidikan oleh Kejari Kabupaten Ende.

Mengenai kasus ini, Lasarus Jehamat Dosen Fisip Undana Kupang kepada wartawan, Jumat (30/07/2021) malam menegaskan bahwa kasus SPAM yang tanpa kabar ini wajib dipertanggung jawabkan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Ende, Romlan Robin, S. H.

Menurut Lasarus, sikap ini menunjukkan tidak semua penegak hukum memiliki komitmen untuk menyelesaikan kasus – kasus terutama pada kasus dugaan tindak pidana korupsi.

Jika demikian, lanjut Lasarus, Bidang Pengawasan pada Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTT harus meminta pertanggungjawaban dari Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Ende, Romlan, Robin, S. H.

“Ada apa ini? Jangan sampai rakyat terluka karena harapan akan proses hukum macet. Jadi, wajib hukumnya Kajari Ende bertanggung jawab kepada masyarakat,” ungkap Lasarus.

Menurut hemat Lasarus, jika logika berpikir bahwa kerugian negara ini sangat kecil maka itu disebut keliru. Bukan soal besar kecil kerugian negara yang terjadi dalam kasus itu tetapi efek kesalahan dalam mengatur keuangan negara.

“Ini bukan soal besar kecil kerugian negaranya. Tetapi soal efek kesalahan dalam mengatur keuangan negara,” kata Lasarus.

Ditambahkan Lasarus, dengan adanya tindakan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Ende dalam penanganan kasus dugaan korupsi SPAM nantinya akan berdampak pada kinerja Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) NTT, Dr. Yulianyo, S. H, M. H.

“Ini problem. Kajari Kabupaten Ende, Romlan Robin, S. H mesti mempertanggungjawabkan alasan mandeknya kasus SPAM ini. Ada apa ini?,” tanya Lasarus.(rey)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Dua Kecamatan di Cianjur Longsor, Belasan Rumah Rusak Parah

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Daerah

Pasien Covid-19 di Rusun UIN Sayyid Ali Rahmatulah Tulungagung Sudah Kosong

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Daerah

Bupati Bogor Tawarkan Kawasan Nanggung Jadi Wisata Alternatif Selain Puncak

Diterbitkan

Pada

Penulis

Bupati Bogor Ade Yasin (ist/net)
Baca Berita
Loading...