Connect with us

Headline

Sandiaga Uno : Ciptakan Lapangan Kerja Melalui Kolaborasi Perbankan-Ekraf

Diterbitkan

Pada

Sandiaga Uno : Ciptakan Lapangan Kerja Melalui Kolaborasi Perbankan-Ekraf
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong peningkatan kerja sama perbankan dan industri ekonomi kreatif guna meningkatkan lapangan kerja di masa pandemi Covid-19.

Sandiaga mengatakan, kondisi sektor pariwisata kini sangat memprihatinkan. Namun demikian di saat bersamaan terjadi pertumbuhan di sektor ekonomi kreatif.

“Pada intinya kita prihatin karena pariwisata ini mengalami satu tekanan yang luar biasa di tengah pandemi dan tantangan ekonomi,” ujar Sandiaga dalam sebuah acara seminar daring “Indonesia Bangkit CIMB Niaga”, Sabtu (17/7/2021).

Sandiaga mengatakan, sektor pariwisata sebagai penghasil devisa nomor dua setelah migas turun drastis akibat tekanan pandemi.

“Sekarang turun hampir 75% di 2020 dari wisatawan mancanegara dan 30% wisatawan dalam negeri. Devisanya jebol. Jumlah tenaga kerja yang terancam kehilangan pekerjaan 2 juta orang lebih. Ekspor ekonomi kreatif juga tersungkur -12%,” ungkapnya.

Kendati demikian, Sandiaga mengatakan, pertumbuhan subsektor ekonomi kreatif di mobile gaming developer terjadi peningkatan. Sementara, pertumbuhan sektor ekonomi kreatif di bidang kuliner, fashion, dan kriya masih harus mempercepat proses digitalisasi.

“Saya bangga buatan Indonesia tidak hanya di mulut, tapi saya juga menggunakan produk-produk kosmetik lokal. Pandemic winner. Bangga produk ekonomi kreatif lokal dengan membeli dan menggunakannya,” jelas Sandiaga.

Pria yang akrab disapa Mas Menteri ini menyebutkan produk lokal yang populer di Indonesia tidak hanya batik, namun casual wear, tactical wear. Menurutnya, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia perlu diturunkan kongkrit menjadi beli produk ekonomi kreatif.

“Kemarin ada beli kreatif danau Toba, menyangkut kuliner, Horas Mejuah-juah. Dari e-commerce, naik dua kali lipat. Saya meyakini apa yang kita lakukan akan dirasakan oleh masyarakat. Di Bali saya tekankan, karena Juni 2021 itu wisawatan di Bali naik lima kali lipat. Beberapa produk kita di pengembangan dari tingkat desa, kota, dan provinsi, melalui creative hub,” ungkap Sandiaga.

“Saya akan berkolaborasi dengan Menteri Perdagangan, di destinasi super prioritas harus ada kerja sama market place fisik untuk menambah kenangan baik dari wisawatan. Kemampuan inkubasi ekonomi kreatif, kemasan kuliner,” imbuhnya.

Langkah lainnya, Kemenparekraf juga sudah memfasilitasi bersama dengan Netflix syuting di Bali, sebanyak 7.000 IP Rights. Sandiaga menegaskan, dirinya ingin memastikan kebersamaan gotong royong di dunia parekraf, khususnya di 5 destinasi super prioritas yakni Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Likupang, Mandalika.

Namun, dia menekankan, agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa berkualitas, berdaya saing, dan berkelanjutan, maka harus didukung oleh dunia perbankan.

“Saya melihat Indonesia selain basis ekonomi kreatif kuat, inovasi anak bangsa tidak kalah, tinggal pemerintah memfasilitasi, di tengah pandemi Covid-19 kami akan duduk bersama-sama mendukung ini,” kata Sandiaga.(ilm)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Headline

Ini Alasan Versi Wamenkeu Soal Penerapan PPKM Ketimbang “Lockdown”

Diterbitkan

Pada

Penulis

Ini Alasan Versi Wamenkeu Soal Penerapan PPKM Ketimbang "Lockdown"
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara (ist/net)
Baca Berita

DPR

Tak Bergantung Impor, DPR Dorong Industri Farmasi Dalam Negeri Produksi Obat Sendiri

Diterbitkan

Pada

Penulis

Tak Bergantung Impor, DPR Dorong Industri Farmasi Dalam Negeri Produksi Obat Sendiri
Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher (ist/net)
Baca Berita

Nasional

Waduh! Lion Air Group Rumahkan 8 Ribu Karyawannya

Diterbitkan

Pada

Waduh! Lion Air Group Rumahkan 8 Ribu Karyawannya
Baca Berita
Loading...