1

Plt Wali Kota Tanjungbalai Sharing Inovasi dan Peningkatan Ekonomi ke Tebing Tinggi

Realitarakyat.com – Dalam rangka sharing inovasi dan peningkatan ekonomi, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai H Waris Thalib,S.Ag,MM didampingi Plt. Ketua TP-PKK Hj Fatiah Haitami Waris, Plt. Kepala Dinas Kominfo Anwar Ruzi, Kalaksa BPBD Muhammad Ridwan Parinduri, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Fitra Hadi serta pimpinan OPD lainnya melakukan kunjungan silaturrahmi ke Pemerintah Kota (Pemkot) Tebing Tinggi. Wali Kota Tebing Tinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Sekdakot Tebing Tinggi, Muhammad Dimiyathi beserta petinggi OPD Pemko Tebing Tinggi menyambut kedatanga dari rombongan Plt. Wali Kota Tanjungbalai ini di rumah dinas Wali Kota Tebing Tinggi, Selasa (13/7).

Sebelum menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut, Plt. Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib terlebih dahulu mengucapkan terimakasih atas penyambutan dan penerimaan yang cukup hangat tersebut. Selanjutnya, H Waris menyampaikan alasan dari kunjungannya bersama rombongan itu adalah dalam rangka sharing inovasi dan peningkatan ekonomi sekaligus menjalin kerjasama antara Kota Tanjungbalai dan Kota Tebing Tinggi.

“Wali Kota Tebing Tinggi adalah salah satu figur kepala daerah yang luar biasa dan penuh dengan inovasi dan gagasan. Untuk itu, kami sengaja datang bersama rombongan untuk bisa saling tukar menukar informasi tentang upaya peningkatan ekonomi serta menjalin kerjasama.

Kami juga sangat berharap, semoga lewat silaturahmi ini, akan membuka pintu rejeki serta mampu menambah keakraban diantara kedua daerah yakni Pemko Tanjungbalai dengan Pemko Tebing Tinggi”, ujar Plt.Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Thalib,S.Ag,MM.

Pada kesempatan itu, H Waris juga mengundang Wali Kota Tebing Tinggi untuk berkunjung ke Kota Tanjungbalai, sekaligus bertukar pikiran dengan OPD di Pemko Tanjungbalai untuk pembangunan ekonomi yang lebih baik. Katanya, Pemko Tanjungbalai sangat berharap dapat bimbingan dan pelajaran dari para senior yang ada di Pemko Tebing Tinggi sebagai kota yang lebih awal mendapat kemajuan.

“Prospek dari kunjungan dan kerjasama ini adalah untuk mengoptimalkan kinerja dari seluruh aparatur pemerintah di Pemko Tanjungbalai demi kesejahteraan hidup orang banyak”, pungkas Plt. Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Thalib.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Tebing Tinggi, H Umar Zunaedi Hasibuan memaparkan beberapa strategi yang dilakukan untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Tebing Tinggi seperti bidang pertanian perkotaan dengan sistem urban farming, mengundang perguruan tinggi, mengadakan pelatihan tenun dan meresmikan rumah adat Melayu.

“Strategi yang kami lakukan antara lain, peningkatan pertanian perkotaan dengan sistem urban farming, mengundang UIN (Universitas Islam Negeri) Sumatera Utara untuk membuka kampus di Tebing Tinggi, dan Insya Allah, kami akan memulai membuka pelatihan tenun adat Melayu dan peresmian rumah adat Melayu. Bagian ini yang kami lakukan, mudah-mudahan bisa meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Tebing Tinggi”, papar Wali Kota Tebing Tinggi, H Umar Zunaedi Hasibuan.

Wali Kota Tebing Tinggi ini berharap, agar pertemuan tersebut juga ditindak lanjuti dengan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) atau kerjasama antara Pemko Tanjungbalai dengan Pemko Tebing Tinggi. Apalagi, katanya, letak geogragis dari kedua daerah tersebut berada di daerah Pantai Timur Sumatera.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut sejumlah petinggi Pemko Tebing Tinggi seperti Kepala Dinas Kominfo Dedi Parulian Siagian,S.STP, Kepala Dinas Perhubungan Kota Manahan Guntur Harahap,S.STP, M.Si, Kepala Pelaksana BPBD Drs Wahid Sitorus, Pj Satpol PP Kota YB Hutapea, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Bambang Sudaryono, Juru Bicara Covid-19 Kota dr Henny Sri Hartati dan para Kabag serta staf di jajaran Pemko Tebing Tinggi. Kunjungan silaturahmi tersebut di akhiri dengan pemberian cendramata.  (ign)