Pertemuan SOM, Indonesia Catat Peningkatan Ekspor ke Australia

  • Bagikan
Pertemuan SOM, Indonesia Catat Peningkatan Ekspor ke Australia
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pada Pertemuan Pejabat Senior ke-2 (SOM) secara daring pada Selasa (13/07/2021), Indonesia mencatat peningkatan ekspor ke Australia sebesar 7,63 % pada tahun 2020 dibandingkan tahun sebelumnya.

SOM merupakan mekanisme bilateral yang bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Rencana Aksi Kemitraan Komprehensif Strategis Indonesia-Australia, yang diluncurkan pada 10 Februari 2020 di Canberra.

SOM ini juga membahas sejumlah isu bilateral dan multilateral yang menjadi perhatian bersama.

Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemlu RI, Abdul Kadir Jailani
Peresmian Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) pada 2020 telah memberikan fondasi baru dalam memperkuat kerja sama ekonomi kedua negara.

Selain peningkatan ekspor Indonesia, perjanjian ini telah mendorong potensi peningkatan investasi Australia di Indonesia pada sektor-sektor baru.

Dalam pertemuan, kedua pihak menyambut positif kerja sama konkret yang terus berkembang sepanjang tahun 2020 dan 2021, di tengah pandemi Covid-19 dan meyakini terdapat berbagai potensi kerja sama yang dapat dikembangkan dan bermanfaat bagi kedua negara.

Secara khusus, Indonesia mengapresiasi dukungan Australia kepada Indonesia dalam penanganan pandemi COVID-19, salah satunya berupa bantuan 1.000 ventilator yang telah diterima Indonesia pada Jumat (09/07/2021).

Pertemuan yang dipimpin Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemlu RI, Abdul Kadir Jailani dan First Assistant Secretary Southeast Asia Division (FAS SED) Kemludag Australia, Ridwaan Jadwat, menghasilkan komitmen kedua pihak untuk semakin meningkatkan interaksi antar pemerintah serta mendorong penguatan hubungan antar masyarakat, di tengah keterbatasan konektivitas yang diakibatkan oleh pandemi.(Din)

  • Bagikan