Pemerintah Klaim Kembali Gulirkan Bansos Selama PPKM Darurat

  • Bagikan
Pemerintah Klaim Kembali Gulirkan Bansos Selama PPKM Darurat
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (net/ist)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pemerintah memastikan dan berjanji akan kembali menggulirkan dana bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat selama penerapan PPKM Darurat.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, saat memberikan keterangan pers terkait PPKM Darurat pada, Kamis (1/7/2021).

Rencana untuk kembali menggulirkan bansos kepada masyarakat merupakan kesepakatan antara Mensos, Menko, dan Gubernur Bank Indoensia, Perry Warjiyo.

“Banyak ketidaktahuan (kasus Covid meningkat) setelah Juni, naik luar biasa. Jadi bansos akan digulirkan lagi, tadi Bu Risma, Gubernur BI dan teman-teman lain dan kami sepakat untuk kita bantu lagi,” jelas Luhut lewat konferensi pers daring, Kamis.

Namun, Luhut tidak merinci bansos apa saja yang dilanjutkan selama PPKM Darurat. Luhut mengatakan bahwa bansos yang diberikan nanti untuk membantu masyarakat menengah ke bawah.

eks Kepala Staf Kepresidenan itu menegaskan, penyaluran bansos ini diharapkan dapat melindungi masyarakat, terutama di tengah pemberlakuan PPKM darurat.

Menurutnya Bantuan ini diharapkan dapat mengkompensasi beban masyarakat di tengah pembatasan kegiatan.

“Dampak PPKM darurat harus dimitigasi, recovery diharapkan bisa lebih cepat,” tegasnya.

Diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi Dodo (Jokowi) telah resmi menetapkan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa-Bali pada tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021 mendatang. Langkah tersebut diambil Presiden untuk menekan laju penularan COVID-19 terutama varian baru.

“Saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM Darurat sejak tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021, khusus Jawa dan Bali,” kata Jokowi di Jakarta, Kamis (1/7) pagi tadi.[prs]

  • Bagikan