Pemerintah Kembali Kucurkan Dana BLT Anak Sekolah 2021: Berikut Besaran Dana, Syarat dan Cara Cek Penerimanya

  • Bagikan
Pemerintah Kembali Kucurkan Dana BLT Anak Sekolah 2021: Berikut Besaran Dana, Syarat dan Cara Cek Penerimanya
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi anak sekolah kembali diluncurkan pemerintah tahun ini. Untuk itu, orang tua murid perlu tahu informasi seputar BLT anak sekolah 2021 berikut.

BLT anak sekolah 2021 yang merupakan bagian dari Program Keluarga Harapan (PKH). Nantinya, bantuan ini akan disalurkan kepada siswa siswi Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menegah Atas (SMA) pada bulan Juli 2021.

Berapa besar dana yang diberikan untuk BLT anak sekolah 2021 ini? Lalu apa syarat dan bagaimana cara cek penerimanya?

Satu keluarga yang menerima BLT anak sekolah nantinya akan mendapat bantuan sebesar Rp 4,4 juta. Dengan rincian sebagai berikut:

Rp 900 ribu per tahun untuk siswa SD sederajat
Rp 1,5 juta per tahun untuk siswa SMP sederajat
Rp 2 juta per tahun untuk siswa SMA sederajat
Bantuan ini akan diberikan melalui 4 kali pencairan yaitu di bulan Januari, April, Juli dan Oktober mendatang.

Pencairan BLT dapat dilakukan melalui PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN).

Berikut syarat penerima BLT anak sekolah tahun 2021:

1.Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP)

2.Terdaftar di Lembaga pendidikan formal atau non-formal sesuai daerah masing-masing

3.Pemilik KIP harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) lembaga pendidikan

4.Bagi keluarga yang tidak memiliki KIP, pendaftaran BLT bagi anak sekolah dapat dilakukan dengan cara melakukan pendaftaran ke lembaga dinas pendidikan terdekat dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

5.Bagi siswa yang tidak memiliki KKS, maka orang tua dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW hingga kelurahan sebagai syarat mendaftarkan ke dinas pendidikan.

Berikut cara cek penerima BLT anak sekolah 2021:

1.Kunjungi laman cekbansos.kemensos.go.id

2.Masukkan data tempat tinggal mulai dari desa.kelurahan, kecamatan, kabupaten, hingga, provinsi

3.Kemudian masukkan nama penerima bantuan sesuai dengan identitas Kartu Tanpa Penduduk (KTP) dan masukkan 8 kode captcha yang tertera. Setelah itu klik tombol ‘cari data’

Perlu diketahui, Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program yang dijalankan pemerintah dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan taraf hidup, menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian KPM, mengurangi beban, meningkatkan inklusi keuangan, dan tentunya mengurangi kemiskinan.

Demikian informasi mengenai cek penerima BLT anak sekolah 2021. Pastikan jika nama anda tercantum sebagai penerima manfaat di situs Kemensos itu, pastikan bahwa besaran dana yang diterima sesuai.(ilm)

  • Bagikan