Menkes Sebut Vaksinasi di Indonesia Setara dengan Negara Maju

  • Bagikan
Menkes Sebut Vaksinasi di Indonesia Setara dengan Negara Maju
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di dua provinsi, yaitu DKI Jakarta dan Bali.

Ia menyebut vaksinasi di dua provinsi itu setara dengan negara maju. Budi menyebut Bali telah mampu menyuntik vaksin kepada lebih dari 70 persen warga. Adapun DKI Jakarta telah menyuntik vaksin terhadap lebih dari 50 persen warga.

“Saya melihat ini prestasi comparable dengan banyak negara-negara bagian, provinsi-provinsi, kota-kota besar di negara maju di seluruh dunia untuk lebih dari 70 atau 50 persen mendapatkan suntikan pertama,” kata Budi saat menyambut kedatangan vaksin Covid-19 tahap 20, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (11/7).

Budi menyampaikan, secara nasional, pemerintah telah menyuntik 52 juta dosis vaksin Covid-19 per Sabtu (10/7).

Sebanyak 38 juta orang telah divaksin, setidaknya suntikan pertama.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu berkata jumlah tersebut akan terus bertambah.

Dia menyampaikan pemerintah akan mengebut penyuntikan 181,5 juta orang warga hingga akhir 2021.

“Semester kedua akan ada lebih dari 290 juta dosis yang datang yang harus kita suntikan dalam 6 bulan. Jadi, laju penyuntikannya akan jauh lebih cepat,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Budi juga mengucapkan terima kasih kepada Amerika Serikat atas bantuan dalam vaksinasi Covid-19. AS mengirim 4,5 juta dosis vaksin Moderna untuk Indonesia secara bertahap.

“Rencananya selain kami gunakan untuk suntikan pertama dan kedua bagi rakyat Indonesia, khusus akan kami gunakan untuk booster, suntikan ketiga, bagi para tenaga kesehatan Indonesia karena mereka mengalami tekanan luar biasa terutama gelombang kedua,” ujarnya.(Ilm)

 

  • Bagikan