Connect with us

Nasional

Mendagri Minta Masyarakat Berkemampuan Lebih Ikut Bantu Korban Terdampak Covid

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengajak kalangan dunia usaha dan semua pihak yang memiliki kemampuan bergotong royong membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Mendagri Tito Karnavian mengharapkan pihak yang memiliki kemampuan ikut membantu masyarakat meskipun disadari saat pandemi, kalangan dunia usaha ikut tertekan.

Salah satunya, lanjut dia, apabila memungkinkan bantuan diberikan melalui alokasi anggaran tanggung jawab sosial perusahaan atau “corporate social responsibility” (CSR).

“Pada kesempatan yang baik ini tolong kepada teman-teman dunia usaha atau yang mampu, sekarang kita saatnya kobarkan semangat gotong royong membantu masyarakat yang terdampak,” kata Mendagri dalam keterangannya, Selasa (27/7/2021).

Mendagri menyebutkan beberapa daerah telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Hal serupa menurut Mendagri bisa dilakukan dengan memanfaatkan CSR yang dialokasikan oleh perusahaan.

Apalagi, kata dia, aturan pertanggungjawaban penggunaan dana Baznas maupun CSR dinilai tidak seketat menggunakan sumber pendanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Sistem pertanggungjawabannya tidak seketat seperti APBD, ini bisa digunakan untuk membantu masyarakat,” kata Mendagri.

Pada kesempatan itu, Mendagri berupaya memastikan bantuan dari pemerintah daerah bisa segera sampai kepada masyarakat yang membutuhkan.

Ia turun langsung ke daerah untuk mengecek penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat dan realisasi APBD dalam situasi pandemi Covid-19.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Empar Jalur Layang di Stasiun Manggarai Mulai Beroperasi, Begini Penamapaknya

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Nasional

Angka Kasus Covid-19 Terhadap Anak Tertinggi di Jabar, Sedangkan Kematiannya Tertinggi di Jateng

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Nasional

Pemerintah Dianggap Sudah Responsif Cegah Gelombang Ketiga Covid-19

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita
Loading...