Menang di Perpanjangan Waktu, Inggris Susul Italia ke Final Euro 2020

  • Bagikan
Tottanham Hotspur
Hary Kane saat membela tim Inggris/DOK/NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Inggris akhirnya menuju final Euro 2020 (Euro 2021) usai menumbangkan Denmark 2-1 lewat perpanjangan waktu di semifinal di Stadion Wembley, Kamis (8/7/2021) dini hari waktu Indonesia. Kemenangan ini mengantarkan Tim Tiga Singa untuk melawan Italia di final.

Laga babak pertama diwarnai permainan tim Dinamit mengejutkan dengan mampu mencetak gol lebih dulu. Denmark mampu membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-30 dari tendangan bebas di depan kotak penalti Inggris.

Damsgaard yang maju sebagai eksekutor melepas sepakan keras. Bola tembakan Damsgaard meluncur ke kanan atas gawang Inggris tanpa bisa dihalau Pickford. Denmark unggul 1-0.

Inggris punya peluang menyamakan kedudukan pada menit ke-37. Sterling menyambar bola umpan tarik dari sisi kanan di depan gawang. Namun, Schmeichel tampil gemilang untuk menepis bola.

Upaya pasukan Gareth Southgate akhirnya benar-benar membuahkan hasil di menit ke-39. Umpan terukur Hary Kane membebaskan Bukayo Saka di sisi kanan yang melepas umpan ke depan gawang.

Bek Simon Kjaer tak sempurna menghalau bola. Upaya sapuannya justru membobol gawang sendiri. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Selepas jeda, masuk babak kedua, Denmark berani mengimbangi permainan terbuka Inggris. Duel semakin menarik.

Pada menit ke-54, Schmeichel melakukan penyelamatan gemilang menggagalkan upaya Inggris. Ia terbang menepis sundulan Harry Maguire menyambut tendangan bebas Mason Mount.

Giliran Denmark yang mengancam di menit ke-58. Kasper Dolberg berbalik badan menendang bola dari dalam kotak penalti. Usahanya bisa diredam Pickford.

Schmeichel kembali tampil prima di bawah mistar. Pada menit ke-72, ia bisa menghalau umpan silang Mount yang mengarah ke gawangnya.

Inggris mengurung lini pertahanan Denmark di menit akhir waktu normal. Meski demikian, mereka gagal menciptakan gol kemenangan.

Skor 1-1 menutup 90 menit. Pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu.

Tiga menit perpanjangan waktu bergulir, Schmeichel lagi-lagi menjadi musuh utama Inggris untuk mencetak gol. Ia bisa membendung sepakan Kane dari sisi kanan kotak penalti.

Pada menit ke-97, Schmeichel kembali beraksi. Ia bisa menghalau percobaan jarak jauh Jack Grealish. Inggris mendapat hadiah penalti pada menit ke-104. Tusukan Raheem Sterling terganjal oleh Mathias Jensen.

Kane maju sebagai eksekutor. Sepakannya ke arah kiri awalnya bisa ditepis oleh Schmeichel. Kane dengan cepat langsung menyambar bola muntah. Inggris unggul 2-1 hingga extra time babak pertama berakhir.

Di 15 menit perpanjangan waktu kedua, Denmark hampir menyamakan kedudukan dari usaha Martin Braithwaite.

Sepakannya yang mengenai bek Inggris berbelok arah. Namun, Pickford masih dengan baik bisa menepis bola. Inggris berhasil mempertahankan keunggulan 2-1 mereka hingga laga berakhir. Three Lions melaju ke final untuk berjumpa Italia.[prs]

  • Bagikan