Menang 2-1 dari Ceko, Denmark Susul Spanyol dan Italia ke Semifinal Euro 2020

  • Bagikan
Menang 2-1 dari Ceko, Denmark Susul Spanyol dan Italia ke Semifinal Euro 2020
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Denmark lolos ke semifinal Euro 2020 (Euro 2021) setelah mengalahkan Republik Ceko dengan skor 2-1, Sabtu (3/7) waktu setempat.

Tim dinamit sukses memimpin 2-0 di babak pertama lewat Thomas Delaney dan Kasper Dolberg. Delaney mencetak gol di menit kelima lewat sundulan kepala memanfaatkan umpan sepak pojok dari Jens Stryger Larsen.

Tiga menit jelang babak pertama usai, Kasper Dolberg menggandakan keunggulan setelah memaksimalkan umpan brilian Joakim Maehle.

Di babak pertama, Denmark berhasil tampil dominan dan punya sejumlah peluang untuk mencetak lebih banyak gol.

Setelah tertinggal dua gol di babak pertama, Ceko melakukan dua pergantian dengan menurunkan Jakub Jankto dan Michael Krmencik.

Pergantian ini membuat Ceko seolah lebih bertenaga. Kasper Schmeichel dipaksa melakukan dua penyelamatan penting di awal babak kedua atas tembakan dari Krmencik dan Antonin Barak.

Namun di menit ke-49, Ceko sukses memperkecil kedudukan lewat Patrik Schick. Umpan ilang Vladimir Coufal berhasil diteruskan oleh tembakan terarah Schick yang tidak bisa dijangkau oleh Schmeichel.

Setelah mencetak gol balasan, Ceko makin semangat mengurung pertahanan Denmark.

Tak mau trus tertekan, Denmark juga memilih melakukan pergantian pemain dengan menurunkan Yussuf Poulsen dan Christian Noergaard untuk menggantikan Dolberg dan Mikkel Damsgaard. Pergantian ini terbilang efektif karena Denmark bisa kembali merepotkan pertahan Ceko dan tak melulu berada dalam tekanan.

Poulsen mendapatkan kesempatan untuk memperbesar keunggulan di menit ke-69 tetapi tendangannya masih lemah sehingga mudah ditangkap Tomas Vaclik.

Vaclik lagi-lagi jadi sosok yang tetap membuka harapan Ceko lewat dua penyelamatan penting. Vaclik menggagalkan tembakan Poulsen dan Maehle di menit ke-78 dan 82.

Namun Ceko tak bisa mencetak gol tambahan di sisa waktu yang ada. Denmark lolos ke semifinal dengan kemenangan 2-1.[prs]

  • Bagikan