1

Komisi III Dorong Aparat Kepolisian Bantu Percepat Program Vaksinasi

Realitarakyat.com – Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi mendorong aparat Kepolisian melalui strukturnya dapat membantu Pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi Covid-19 hingga tingkat paling bawah.

Langkah itu menurut dia agar akselerasi program vaksinasi Covid-19 di seluruh Indonesia dapat segera terwujud sehingga target kekebalan kelompok atau “herd immunity” dapat terlaksana.

“Polri harus dapat menyentuh dan mengunjungi masyarakat di tingkat paling bawah, sehingga Polri dapat membantu mendata dan melakukan program vaksinasi kepada masyarakat yang belum mendapatkan vaksin,” kata Andi Rio dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (22/7/2021).

Dia berharap Polri dapat segera melakukan kerjasama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam membantu program pemerintah mewujudkan “herd immunity” di masyarakat karena saat ini distribusi vaksin masih banyak mengalami kendala.

Andi Rio juga meminta Polri melakukan komunikasi dan koordinasi dengan lembaga dan pemangku kepentingan terkait dalam percepatan program vaksinasi di seluruh daerah.

“Lakukan komunikasi dan koordinasi dengan baik dengan lembaga dan ‘stakeholder’ terkait sehingga Kepolisian dapat turut serta mengawasi pendistribusian dan percepatan program vaksinasi,” ujarnya.

Karena itu dia meminta Pemerintah dapat memastikan ketersediaan stok vaksin bagi seluruh masyarakat Indonesia, yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Menurut dia, pemerintah juga harus mengajak seluruh lapisan masyarakat dapat memberikan informasi yang benar mengenai manfaat dari vaksin Covid-19 yang di berikan pemerintah.

“Mari kita membantu program pemerintah dengan mengajak keluarga, lingkungan masyarakat sekitar untuk mau mengikuti program vaksinasi,” katanya.[prs]