Connect with us

Politik

Klaim Dirikan BMKG dan KPK, Demokrat Sindir Kader Partai Megawati yang Malah Melemahkan

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku dia menjadi sosok yang mendirikan lembaga BMKG, BNPB, BNN, hingga KPK. Partai Demokrat (PD) justru menilai yang patut dibicarakan saat ini adalah soal pelemahan sejumlah lembaga.

“Apa yang disampaikan Bu Mega itu harus diapresiasi sebagai bentuk ajakan semangat agar bangsa ini fokus pada pembangunan sistem penanggulangan bencana Indonesia,” kata Wasekjen PD, Irwan, kepada wartawan, Jumat (30/7/2021).

Mengenai kapan berdirinya BMKG dan BNPB, Irwan menilai tidak perlu diperdebatkan lagi. Irwan menyinggung ada peran SBY mengubah nama sejumlah lembaga negara.

“Sudah jelas kedua badan itu sejak 2008 dilahirkan memang sebagai bentuk respons sistem penanggulangan bencana oleh pemerintahan Bapak SBY dengan tindak lanjut pada legalitas lembaga juga anggaran,” ujarnya.

Irwan kemudian menyinggung kondisi sejumlah lembaga negara ini saat ini. Menurut Irwan, yang sepatutnya dibicarakan saat ini adalah adanya pelemahan sejumlah lembaga negara.

“Justru yang perlu didiskusikan serius adalah adanya upaya pelemahan badan-badan itu dalam pengambilan kebijakan pemanfaatan ruang. Ini yang mestinya kita cari jalan keluar bagaimana menguatkan tupoksi juga anggaran badan-badan ini,” ucapnya.

Semisal, Irwan mencontohkan adanya revisi peraturan pemerintah soal rencana tata ruang wilayah nasional. Irwan menilai revisi itu tak memperhatikan aspek kebencanaan.

“Mengapa di tengah begitu strategis dan prioritasnya perspektif kebencanaan menjadi pertimbangan utama dalam pola ruang pembangunan, tiba-tiba Pak Jokowi melalui PP No 13 Tahun 2017 merevisi PP No. 26 tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional,” sebut Irwan.

“Di mana revisi ini menghilangkan parameter Kawasan Rawan Bencana Alam dari Kawasan Lindung Nasional. Itu artinya RTRWN dan Perda RTRW di daerah tidak lagi memperhatikan aspek kebencanaan. Infrastruktur dan investasi tidak lagi menghitung dampak dan kerugian yang bisa dan akan ditimbulkan bencana alam,” imbuhnya.

Megawati Soekarnoputri sebelumnya hadir secara virtual dalam Rakorbangnas BMKG 2021. Dalam sambutannya, Megawati mengaku menjadi sosok yang mendirikan BMKG, BNPB, BNN, hingga KPK.

“Saya yang membuat BMKG, BNPB. Bukan bermaksud untuk menyombongkan diri. BNN, KPK, masih banyak lagi dan lain sebagainya,” ungkap Megawati dalam sambutannya yang disiarkan YouTube infoBMKG, Kamis (29/7).[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik

Masalah TWK Pegawai KPK, PKS Senayan: Dibawa ke Ranah Hukum Saja

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Politik

GP Ansor Dukung Muktamar NU Digelar Tahun 2021 Ini

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Politik

Hadapi Perang Supremasi di Laut China Selatan, Anis: Indonesia Harus Punya Skenario Sendiri

Diterbitkan

Pada

Penulis

Ketum Gelora Anis Matta/Ist
Baca Berita
Loading...