Kandaskan Swiss Lewat Adu Pinalti, Spanyol Amankan Tiket Semifinal Euro

  • Bagikan
Kandaskan Swiss Lewat Adu Pinalti, Spanyol Amankan Tiket Semifinal Euro
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Spanyol berhasil memastikan langkahnya ke semifinal usai mengkandaskan langkah tim penuh kejutan Swiss di perempat final Euro 2020 (Euro 2021).

Spanyol berhasil menang lewat adu pinalti dengan skor 3-1 usai imbang di waktu normal dan perpanjangan waktu.

Pada kesempatan pertama, tendangan Sergio Busquets membentur tiang meski Yann Sommer sudah salah bergerak. Mario Gavranovic mencetak gol dan membawa Swiss unggul 1-0.

Di kesempatan kedua, Dani Olmo mencetak gol dan Unai Simon sukses membendung tembakan Fabian Schaer. Skor menjadi 1-1.

Pada eksekutor ketiga, tendangan Rodri bisa diblok oleh Yann Sommer. Unai Simon juga sukses membendung tembakan Manuel Akanji. Skor masih 1-1.

Untuk penendang keempat, Gerard Moreno berhasil menunaikan tugasnya dengan baik. Ruben Vargas dari Swiss gagal mencetak gol karena tembakannya melambung tinggi. Spanyol berbalik memimpin 2-1.

Spanyol kemudian memastikan tiket ke semifinal Euro 2020 (Euro 2021) lewat tembakan Mikel Oyarzabal. Oyarzabal mengecoh Unai Simon dan membuat Spanyol menang 3-1 di adu penalti.

Di waktu normal, duel Swiss vs Spanyol berakhir imbang 1-1. Spanyol unggul lebih dulu lewat gol bunuh diri Denis Zakaria di menit kedelapan. Gol ini berasal dari tendangan keras Jordi Alba yang membentur kaki Zakaria dan membuat bola berubah arah ke dalam gawang.

Swiss akhirnya bisa menyamakan kedudukan di menit ke-68 lewat Xherdan Shaqiri. Kesalahan lini belakang Spanyol dimaksimalkan Romo Freuler yang mengirim umpan ke Xherdan Shaqiri. Shaqiri dengan dingin melepaskan tembakan mendatar ke pojok kanan gawang.

12 menit jelang waktu normal usai, Swiss harus bermain dengan 10 orang lantaran Freuler dianggap melakukan pelanggaran keras pada Gerard Moreno. Hal ini pula yang mendorong pelatih Swiss Vladimir Petkovic melakukan sejumlah pergantian termasuk menarik keluar Shaqiri dan Haris Seferovic.

Spain’s Dani Olmo is tackled by Switzerland’s Nico Elvedi during the Euro 2020 soccer championship quarterfinal match between Switzerland and Spain, at the Saint Petersburg stadium in Saint Petersburg, Friday, July 2, 2021. (Kirill Kudryavtsev, Pool via AP)Duel Swiss vs Spanyol berlangsung sengit. (AP/Kirill Kudryavtsev)
Spanyol yang unggul jumlah pemain tampil lebih dominan di babak perpanjangan waktu. Di menit ke-93, umpan Jordi Alba berhasil mendarat ke kaki Gerard Moreno namun tembakan Moreno masih melenceng dari sasaran.

Dua menit berselang, Jordi Alba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti tetapi berhasil ditepis dengan baik oleh Yann Sommer.

Pada menit ke-101, Sommer lagi-lagi mementahkan peluang emas Spanyol lewat Moreno. Tembakan Moreno dari jarak dekat bisa diblok oleh Sommer. Dua menit kemudian, giliran tendangan Mikail Oyarzabal yang bisa dimentahkan oleh Sommer.

Masuk ke babak kedua perpanjangan waktu, Spanyol terus mengurung Swiss. Ketangguhan Sommer mengawal gawang benar-benar jadi andalan Swiss.

Sommer terus mementahkan tembakan-tembakan yang datang dari pemain Spanyol mulai dari Dani Olmo hingga sundulan Sergio Busquets. Skor imbang 1-1 bertahan hingga terjadi adu penalti yang dimenangkan oleh Spanyol.[prs]

  • Bagikan